Scroll to Top

Pemilik Manchester City, Sheikh Mansour, Siap Membeli Valencia

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 22 Dec 2011

Sheikh Al-Thani yang baru menguasai Malaga selama setahun, mungkin saja akan kebakaran jenggot mendengar berita yang satu ini. Ya, pemilik Manchester City, Sheikh Mansour, berencana membeli Valencia! Jika hal ini terjadi, bukan tidak mungkin El Che akan menjelma menjadi salah satu kekuatan tertangguh di Liga Spanyol, menyamai Barcelona dan Real Madrid.

Sheikh Mansour

Sebelumnya, Sheikh Mansour sebagai miliuner normal, mengincar salah satu dari Barcelona dan Real Madrid untuk dimasuki olehnya. Namun, setelah mengetahui dua klub penguasa tradisional Liga Spanyol tersebut milik komunitas dan tidak akan dijual sampai kapan pun, Sheikh Mansour melakukan manuver lain.

Ia meminta pertimbangan beberapa penasehatnya mengenai klub lain yang berpeluang untuk menangguk keuntungan berlipat. Awalnya, pilihan dijatuhkan pada tiga klub, yaitu Sevilla, Atletico Madrid, dan Valencia. Namun, akhirnya dewan penasehat sang syeikh sepakat pada Valencia.

Salah satu alasan yang dikemukakan para tokoh di belakang Sheikh Mansour adalah sejarah. Ya, Valencia dalam rentang akhir 1990-an hingga saat ini, menjadi pesaing terkuat Barcelona dan Real Madrid. Bahkan, El Che sukses meraih gelar juara La Liga ketika era Rafael Benitez. Selain itu, Valencia juga tengah berutang banyak. Penjualan pemain bintang tidak cukup mengatasi kondisi keuangan yang buruk. Artinya, Sheikh Mansour bisa mendapatkan Valencia dengan harga yang cukup miring.

Menurut AS, demi mewujudkan ambisinya merengkuh klub yang bermarkas di Mestalla, Sheikh Mansour sudah siap dengan gelontoran dana fantastis. Ia mencanangkan investasi awal sebesar 1 miliar Euro, janji penghapusan utang, pembuatan stadion baru, dan kucuran dana lain sebesar 500 juta Euro untuk proyek olahraga.

Saat ini, direksi Valencia memang menolak permintaan Sheikh Mansour mendapatkan Valencia. Namun, bukan tidak mungkin seiring dengan perjalanan waktu, mereka menyerah. Lagipula, sang sheikh terbukti sangat royal membantu klub sekelas Manchester City menjadi salah satu kekuatan paling ditakuti di Liga Inggris.

Entah berapa banyak pemain yang dibeli Sheikh Mansour untuk The Citizens. Klub yang beberapa tahun lalu masih berkutat di zona degradasi, tahun lalu sukses memecahkan telur. City meraih gelar Piala FA, gelar pertama dalam 34 tahun terakhir. Kini, mereka juga tengah serius membidik juara Premier League.

Sampai kapan direksi Valencia akan bertahan? Ketika utang semakin menggelembung kelak, jika krisis keuangan tak teratasi, mereka mungkin tak akan mampu menahan mimpi Sheikh Mansour yang paling baru: membeli klub Spanyol dan menegakkan dinasti sepakbola versinya sendiri di Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda