Scroll to Top

Cara Gampang Bersihkan Busi

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 22 Dec 2011

busi

Pernah mengalami kendaraan mogok di jalan? Nah, salah satu penyebabnya adalah busi yang kotor atau memang sudah mati. Akibatnya, tidak ada pengapian atau apinya terlalu lemah. Kalau api masih ada, kemungkinan besar masih bisa diperbaiki. Cukup Anda bersihkan busi itu.

Kotoran busi bisa muncul akibat adanya residu akibat proses pembakaran. Pembakaran mengalami hambatan dengan menumpukkan kerak ini.

Membersihkan busi itu mudah. Dan, ini bisa dilakukan pria mau pun wanita. Sangat tidak disarankan merendam busi sewaktu membersihkan busi. Tindakan ini malah membuat umur busi tidak awet. Pakailah cairan bensin seperlunya. Berikut caranya:

  • Ambil busi dengan membukanya memakai kunci busi
  • Pakai sikat kawat yang dilumuri sedikit bensin untuk menyikat seluruh kotoran yang menempel di kepala busi dan bagian percikan bunga api.
  • Lakukan penyetelan jarak celah busi sesuai standar kendaraan.
  • Setelah selesai dibersihkan, lakukan pengecekan api. Masukkan ujung bawah busi ke kabelnya dan lakukan starter. Lihat api di kepala busi. Jika api sudah dalam posisinya, maka busi siap dimasukkan dan dipakai lagi.

Untuk menjaga busi Anda, sebaiknya lakukan pembersihan setiap menempuh 4 ribu kilometer. Biasanya, kerak busi sudah cukup menumpuk saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda