Scroll to Top

Tak Menangi Laga Tandang dalam 9 Bulan, Villarreal Catat Rekor Terburuk Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 22 Dec 2011

Natal ini tidak ada Sinterklas yang datang menyelinap ke Stadion El Madrigal, kandang Villarreal. Bahkan, Kapal Selam Kuning, demikian julukan mereka, tengah mengalami kebocolan fatal. Giuseppe Rossi cedera, pelatih Juan Carlos Garrido dipecat, dan Villarreal belum pernah menang dalam delapan laga terakhir.

Villarreal

Padahal, Villarreal merupakan kejutan besar dalam delapan tahun terakhir. Bahkan, mereka pernah menduduki peringkat tiga di klasemen akhir pada musim 2004/2005. Prestasi ini dilanjutkan dengan finish di posisi runner-up musim 2007/2008.

Sayang, hingga akhir Desember tahun ini, Villarreal tengah berada dalam kondisi terburuk. Mereka menjadi bulan-bulanan di Liga Champions. Menghadapi Bayern Muenchen, Napoli, dan Manchester City, Kapal Selam Kuning selalu kalah dalam enam pertandingan. Seandainya hasil playoff ditambahkan, Villarreal cuma mencatat 1 kemenangan dan 7 kekalahan di kompetisi tertinggi antar klub Eropa tersebut.

Prestasi di Liga Spanyol pun tak kalah buruk. Kapal Selam Kuning seolah trauma berat dengan kekalahan telak oleh Barcelona di partai pembukaan liga. Kala itu, di Camp Nou, Villarreal dibantai 5-0.

Sejak saat itu, Kapal Selam kuning hanya mencatat 3 kemenangan dalam total 16 laga Primera Division. Selebihnya enam hasil seri dan 7 kekalahan. Villarreal pun terbenam di peringkat 17, hanya segaris dari zona degradasi.

Yang paling parah adalah kejadian di Copa del Rey tadi pagi. Bermain imbang 1-1 di kandang Mirandes, semestinya El Madrigal menjadi tempat angker pengubur klub lawan yang cuma kelas dua. Namun, yang terjadi justru sangat memalukan. Villarreal takluk 0-2 dan Mirandes lolos dengan agregat 1-3.

Banyak hal yang bisa dijadikan kambing hitam. Pertama, cedera yang seolah tidak mengenal lelah. Seorang pemain sembuh, pemain berikutnya diistirahatkan atau masuk meja operasi.

Kedua, penjualan Santi Cazorla. Pemain ini sekarang tengah menikmati bermain di Malaga yang membidik tiket Europa League. Sementara, klub yang ditinggalkan, terjun bebas dan kehilangan nyawa di lini tengah.

Hasil buruk Villarreal bertambah dengan satu hal lagi. Kapal Selam Kuning mencetak rekor tak pernah menang di laga tandang dalam 9 bulan terakhir. Hasil 3 angka terakhir yang dibawa dari lawatan, terjadi pada 20 Maret lalu saat menghadapi Athletic Bilbao di San Mames. Sepanjang sejarah Primera Division, baru kali ini ada klub seapes Villarreal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda