Scroll to Top

Ini Efek Buruk Minum Susu Berlebihan Bagi Anak dan Balita

By C Novita / Published on Sunday, 30 Oct 2016

anak minum susu

Terkadang ibu yang merasa putus asa karena anak dan balitanya tak doyan makan, akan memberi susu dengan jumlah berlebih sebagai ganti makanan. Padahal itu bukan solusi yang baik untuk kesehatan buah hati Anda lho.

Dilansir laman Health.Liputan6.com, pemberian susu yang terlalu berlebihan untuk anak tanpa asupan makanan lainnya malah akan membuat anak kurang gizi.

Hal itu diungkap oleh dokter jaga HD anak dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. Cahyani. Mengapa begitu, karena anak akan merasa kenyang dengan susu sehingga tak tertarik lagi dengan makanan lain yang sebenarnya ia butuhkan.

“Kalau dia banyak minum susu, dia jadinya tidak memakan sumber gizi lainnya yang diperoleh dari nasi, sayur, dan lauk pauk,” ungkapnya.

Minum susu berlebihan juga tak mengajarkan anak untuk mengunyah makanan dan tahu tekstur makanan lain yang bisa ia konsumsi.

Tak hanya itu, kemampuan berbicaranya juga bisa terhambat, akibat ia tak biasa mengunyah dan hanya sering menyedot, menghisab atau meneguk susu saja, tambah Cahyani. Lidah anak akan kurang terlatih bergerak untuk mengunyah dan berbicara.

“Kalau dia lagi belajar bicara, tapi dia hanya belajar menyedot, menghisap, menyusu saja, bisa saja bicaranya kurang jelas karena dia tidak belajar mengunyah,” ungkapnya.

Orangtua sendiri yang akan menyesal jika hal itu terjadi, sehingga ia menyarankan untuk perlahan mengurangi asupan susu pada anak.

Jika asupan susu berkurang maka anak akan menjadi lapar dan mau menyantap makanan bergizi lain yang diberikan kepadanya. Kurangi secara bertahap sehingga anak tidak kaget dan bisa menyesuaikan diri.

 

 

 

Komentar Anda