Scroll to Top

11 Pemain Barcelona Mencetak Gol Pembuka Laga Musim Ini

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 28 Dec 2011

Gol pembuka dalam sebuah pertandingan, meski tidak mutlak, bisa menjadi penentu segalanya. Pencetaknya dianggap menyelamatkan tim. Entah untuk menyeimbangkan keadaan atau menjadi titik pertama membongkar pertahanan lawan.

Musim ini, cuma dua kali pasukan Pep Guardiola melempem di depan gawang lawan. Yaitu, saat ditahan 0-0 oleh Sevilla di Camp Nou, dan kala dipecundangi 1-0 oleh tuan rumah Getafe. Selebihnya, dalam 2 sepanjang musim ini ada 11 pemain yang sukses menjadi yang pertama mengakhiri kebuntuan di depan gawang musuh.

Lionel Messi menjadi yang paling sering dalam urusan membobol gawang lawan pertama kali. Sepanjang 4 bulan terakhir, Messi sudah 6 kali melakukan hal ini. Ia membuka skor 3 kali di Liga Spanyol, satu di Liga Champions, satu di Piala Dunia Antar klub, dan satu di Piala Super Eropa.

Messi membukukan dua gol dalam dua dari empat laga final yang dilalui Barcelona musim ini. Ia cuma gagal menjadi yang pertama membobol gawang lawan di Piala Super Spanyol menghadapi Real Madrid. Uniknya, Messi tetap mampu mengemas 3 gol dalam laga itu. Ia mencetak 1 gol terakhir Barcelona di Santiago Bernabeu dan 2 gol terakhir El Barca di Camp Nou.

Di bawah Lionel Messi, ada nama Andres Iniesta dan Pedro Rodriguez. Keduanya mencetak 3 gol pembuka.

Selanjutnya, ada nama Xavi, Villa, Adriano, Fabregas, dan Alexis yang sudah membantu Barcelona membongkar pertahanan lawan sebanyak 2 kali.

Uniknya, Gerard Pique juga pernah mencatatkan sekali nikmatnya menjadi pencetak gol perdana. Ia melakukannya dalam laga melawan Real Zaragoza pada 19 November lalu.

Daftar pencetak gol pembuka Barcelona adalah sebagai berikut.

  1. Lionel Messi: 6 gol pembuka
  2. Andres Iniesta: 3 gol pembuka
  3. Pedro Rodriguez: 3 gol pembuka
  4. Xavi Hernandez: 2 gol pembuka
  5. David Villa: 2 gol pembuka
  6. Adriano: 2 gol pembuka
  7. Cesc Fabregas: 2 gol pembuka
  8. Alexis Sanchez: 2 gol pembuka
  9. Thiago Alcantara: 1 gol pembuka
  10. Gerard Pique: 1 gol pembuka
  11. Sergi Roberto: 1 gol pembuka

Distribusi pencetak gol perdana Barcelona sendiri cukup merata. Tercatat ada 6 gelandang, 4 penyerang, dan seorang penyerang yang melakukan hal tersebut. Artinya, siapa pun berpeluang membuka skor untuk Blaugrana, meskipun top skorernya tetap sang mesiah Argentina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda