Scroll to Top

Undang Undang Baru, Orangtua di Perancis Yang Pukul Anaknya Akan Dihukum

By C Novita / Published on Tuesday, 10 Jan 2017

memukul anak

Di Perancis, orangtua yang memukul anaknya akan dihukum sebab hal itu termasuk kejahatan. Ternyata Perancis termasuk terlambat menerapkan hukum terbaru itu, sebab di Eropa, Brazil, Argentina serta Kongo dan beberapa lainnya, hal tersebut sudah lebih dahulu diberlakukan.

Hal itu tidak hanya berlaku bagi orangtua kandung, namun di sekolah pun guru terlarang melakukannya. Penerapan undang-undang itu dianggap sebagai salah satu bukti bahwa hukum setara bagi semua warga negara termasuk bagi anak-anak.

Anak-anak bukan pengecualian yang boleh diperlakukan seenaknya oleh orangtuanya sendiri, termasuk itu memukul.

“Penerapan undang-undang baru ini menandakan komitmen yang sangat penting terhadap perlindungan anak dari kekerasan untuk lebih dari 14 juta anak-anak yang tinggal di Perancis,” demikian ditegaskan oleh Perwakilan Khusus Sekretaris Jenderal (SRSG), Marta Santos Pais.

Walau undang-undang tersebut telah diberlakukan, namun pada voting yang diadakan untuk warga Perancis masih terdapat suara tidak setuju. 85 persen dari suara tak setuju itu beralasan, memukul adalah bentuk hukuman dalam mendidik anak.

Sedang 70 persen menolak larangan diberlakukannya pelarangan kekerasan secara total.

Masalahnya, dalam UU tersebut juga disebut bahwa segala bentuk kekerasan pada anak terlarang semisal mengejek, mempermalukan di depan umum, juga kekerasan verbal dan juga psikologis.

Menyikapi adanya UU baru itu, aktifis anak bernama Dokter Gilles Lazimi sangat setuju.

“Ini baik untuk membuat orangtua memahami jika semua kekerasan itu sangat berbahaya untuk anak,” kata dia.

 

 

Komentar Anda