Scroll to Top

Valencia Bakal Degradasi ke Segunda Division Musim Ini?

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 11 Jan 2017

Hasil Liga Spanyol 2016 Sporting Gijon vs Valencia 1-2, Debut Manis Prandelli

Valencia bakal degradasi ke Segunda Division musim ini? Pertanyaan itulah yang muncul hingga jornada 17. Pasalnya, dengan hasil seri 3-3 melawan Osasuna pada Selasa (10/1), Los Che tetap dalam posisi kritis. Mereka ada di peringkat 17 dari 20 peserta; dan hanya satu angka dari zona merah. Apakah Valencia bakal mengulang sejarah pahit Villarreal?

Jika bicara soal Valencia, sejatinya tim ini luar biasa. Kubu Mestalla memiliki skuat yang tidak kalah dengan Atletico Madrid, Sevilla, atau Villarreal untuk berebut tempat ketiga di Liga Spanyol. Namun musim 2016/2017 benar-benar menguras emosi Valencianistas. Pasalnya, Los Che hanya mencatatkan tiga kemenangan hingga 16 pertandingan berjalan.

Pergantian pelatih dari Pako Ayestaran kepada Cesare Prandelli tidak menolong. Valencia memang tercatat cukup subur, mencetak 24 gol. Tapi hal itu sia-sia jika melihat rekor kebobolan mereka yang 32 gol. Jumlah ini adalah yang terburuk keempat di La Liga. Lalu, jika dibandingkan dengan Villarreal, tim terbaik urusan kebobolan, rekor Valencia nyaris tiga kali lipat lebih buruk.

Hasil Liga Spanyol 2016 Sporting Gijon vs Valencia 1-2,

Kenyataannya, tiga kemenangan Valencia didapatkan dari tim-tim gurem saja. Yaitu, dua tim promosi, Leganes dan Alaves, juga tim yang musim lalu nyaris degradasi, Sporting Gijon. Los Che juga tidak pernah mengalami clean sheet dalam 16 pertandingan. Selain itu, meski baru bermain 16 kali, jangan lupakan, pertandingan tunda yang belum dimainkan Valencia adalah melawan Real Madrid.

Kondisi Valencia terus memburuk dengan mundurnya direktur olahraga Jesus Garcia Pitarch. Dapat dikatakan, Pitarch adalah elemen asli terakhir Los Che. Saat ini, klub tersebut dikendalikan oleh Peter Lim dan tangan kanannya, Lay Hoon Chan sebagai presiden.

Protes keras sudah dilakukan oleh Valencianistas. Tapi Peter Lim masih bertahan di puncak kekuasaan. Di sisi lain, tanpa Lim, Los Che bakal limbung, dan terpaksa melakukan penjualan besar-besaran seperti kala mereka melepas David Villa dan David Silva. Saat ini, jelas Valencia ada di titik terburam, yang bukan tidak mungkin membuat mereka jatuh ke Segunda Division musim depan.

Komentar Anda