Scroll to Top

Banyak Orang Merasa “Sakit” Gara-Gara Browsing

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 29 Dec 2011

khawatir

Tahukah Anda? Kebiasaan browsing berlebihan bisa menimbulkan kekhawatiran berlebih tentang kesehatan penggunanya. Kondisi seseorang yang mengalami gangguan psikomatik ini menyebabkan dirinya lebih percaya pada informasi kesehatan di internet dibanding menghubungi dokter. Mereka melakukan analisa sendiri terhadap gejala kesehatan yang dialaminya dan mengobati sendiri berdasarkan informasi internet.

Meski mungkin ada kesamaan gejala suatu penyakit yang dialami pengguna (user) dengan sebuah tulisan kesehatan di internet, belum tentu menunjukkan gejala penyakit yang sama. Sehingga, jika pengguna internet memaksakan mengobati sendiri dengan obat yang disarankan dalam tulisan, bisa jadi tidak efektif meredakan gejala yang ada.

Ada juga user yang kelewat berlebihan dengan gangguan kesehatannya. Karena terlalu khawatir setelah melihat suatu tulisan kesehatan di internet, dia pun seakan-akan sudah merasakan sakit. Dia berusaha mencocok-cocokkan informasi itu dengan gejala sakit pada dirinya. Hanya saja, setelah keluhan itu dikonsultasikan dokter dan dilakukan tes laboratorium mau pun pencitraan, ternyata tidak ditemukan penyakit apa pun. Psikisnya yang sebenarnya sedang sakit.

Gangguan psikomatis ini diawali dengan rasa ingin tahu yang besar dari user terhadap kesehatannya. Dia lebih percaya dengan kabar internet dibanding menanyakan langsung kepada dokter. Diduga, keterlibatan dari sistem serotinin,, dopamin dan Norepinephrine, dan neuroendokrin di otak memicu gangguan psikomatis.

Informasi di internet tidak bisa langsung dijadikan patokan untuk mendiagnosa penyakit. Sifat infonya tidak fleksibel mengikuti gejala sebenarnya yang dialami pasien.

Jadi kalau Anda punya gejala suatu penyakit, segera konsultasikan ke ahlinya. Informasi internet jadikan sebagai petunjuk awal atau pelengkap informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda