Scroll to Top

UEFAlona? UEFAdrid? UEFA Jengah Dituduh Selalu Bela Barca & Madrid

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 16 Mar 2017

Barca Singkirkan PSG 6-5, Catat Comeback Terhebat Dalam Sejarah Eropa! (1)

Selama ini muncul julukan UEFAlona untuk Barcelona dan UEFAdrid untuk Real Madrid sebagai tuduhan bahwa kedua raksasa Liga Spanyol tersebut mendapatkan ‘perlakuan istimewa’ dari UEFA. Dikutip dari Marca, UEFA sendiri jengah dengan tuduhan tersebut. Namun, drawing 8 besar Liga Champion yang digelar pada Jumat, 17 Maret 2017 bakal menjadi pertaruhan bagi badan sepakbola Eropa tersebut terkait tudingan yang dimaksud.

Sekian kejadian kontroversial dalam laga Barcelona vs PSG yang berakhir 6-1 membangkitkan teori konspirasi, bahwa Barca dilindungi oleh UEFA. Kisah masa lalu, semisal pengalaman kala Barcelona berhadapan dengan Chelsea di semifinal Liga Champion 2009 atau kala melawan Inter Milan setahun berikutnya, jadi pemicu dugaan jika Barca mendapatkan bantuan dari UEFA.

Apakah Real Madrid tidak mendapatkan perlakuan khusus? Tudingan UEFAdrid juga bukan tidak beralasan. Dalam tiga tahun terkahir, kala Los Blancos mulus melaju ke dua partai final, mereka bertemu lawan-lawan mudah. Isu bahwa UEFA menempatkan bola panas dan bola dingin dalam wadah undian yang dikocok, demi menguntungkan Madrid, juga sudah lama muncul.

Bahkan, sampai ada guyonan untuk tahun ini, sebelum undian digelar, bahwa di babak 8 besar nanti, lawan Real Madrid sudah pasti adalah Leicester City, yang merupakan tim terlemah dibandingkan sederetan tim lain yang berangkat ke babak tersebut.

Inilah Yang Terjadi Pada Pemain PSG Begitu Dibantai Barca 6-1! (1)

Dikutip dari Marca, UEFA sendiri sangat jengah dengan tudingan seperti ini. Badan sepakbola Eropa tersebut jelas lebih besar daripada Barcelona, Real Madrid, atau klub lain di Eropa. Oleh karenanya, justru di saat-saat seperti inilah kredibilitas UEFA kembali diuji.

Jika ada kejadian mencurigakan dalam undian pada Jumat (17/3) mendatang, semisal pengocok undian babak 8 besar terhenti sejenak, atau menukar bola undian, tidak pelak lagi, akan muncul kontroversi baru. Apalagi jika kemudian, salah satu dari Barcelona atau Real Madrid, atau malah kedua-duanya, mendapatkan lawan mudah di babak 8 besar.

Tapi benarkah konspirasi itu nyata? Atau ini hanya rekaan para penggemar sepakbola saja?

Komentar Anda