Scroll to Top

Cegah Tubuh Anda dari Sakit Demam Berdarah untuk Kedua Kali

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 04 Jan 2012

aedes-albopictus

Musim hujan biasanya banyak penyakit “kambuhan” yang menjangkiti masyarakat. Seperti diare, muntaber, sampai demam berdarah dengue (DBD). Nah, kalau Anda pernah mengalami sakit DBD, sebaiknya waspada dan jauhkan diri Anda untuk untuk tidak terserang lagi. Ilmuwan Amerika dan Nikaragua menemukan, ada potensi fatal jika seseorang sampai mendapati dirinya kena DBD untuk kedua kalinya atau lebih.

Saat seseorang terkena DBD untuk pertama kali, tubuhnya akan membentuk antibodi untuk melawan serangan virus. Hanya saja, ketika ada serangan DBD kedua, belum tentu antibodi yang ada ini mampu menangkal varian virus sebelumnya. Masalah mungkin terjadi jika varian virus ini menginfeksi orang yang sebelumnya kena DBD, yang tubuhnya memroduksi antibodi untuk jenis virus DBD lain.

Antibodi ini belum tentu efektif melawan versi lain dari virus asal, dan antibodi ini bahkan membantu versi virus yang lain untuk menginfeksi sel-sel yang akan ditularinya,” kata Matthew Henn, peneliti dari Broad Institute di Cambridge, Massachusetts, AS, seperti dikutip VOA.

Inilah satu jawaban hingga saat ini belum bisa dibuat vaksin untuk penyakit DBD. Temuan ini menjadi terobosan untuk pembuatan vaksin itu. Kata Henn, mungkin vaksin perlu diproduksi sesuai dengan jenis virus DBD yang dominan di suatu daerah tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda