Scroll to Top

Tim Howard: Kiper Keempat yang Mencetak Gol di Premier League

By Wan Faizal / Published on Thursday, 05 Jan 2012

Anda mungkin tidak bisa menonton pertandingan antara Everton melawan Bolton Wanderers dini hari tadi karena memang partai antara Newcastle United melawan Manchester United lebih seru untuk disaksikan.

Namun Anda mungkin juga akan terkejut ketika mengetahui siapa pencetak gol Everton di laga tersebut. Ia adalah Tim Howard, kiper Everton asal Amerika Serikat.

Ya, Howard merupakan satu-satunya pencetak gol The Toffees di pertandingan yang akhirnya dimenangi Bolton Wanderers dengan skor 1-2 tersebut.

Gol fenomenal itu terjadi di menit ke 63. Saat itu Howard mendapat umpan backpass dari seorang rekannya. Tanpa pikir panjang, Howard langsung menendang dengan keras bola tersebut karena ada pemain Bolton yang mengejarnya.

Tak disangka, bola meluncur begitu deras ke arah gawang Bolton yang dijaga Adam Bogdan. Bola sempat memantul ke tanah sebelum masuk ke gawang. Fans Everton pun bersorak atas gol tersebut.

Ada dua hal yang mendukung terjadinya gol tersebut. Yakni posisi Bogdan yang terlalu maju sehingga ketika bola memantul, ia tak bisa menggapainya. Yang kedua, seperti yang diakui oleh Howard sendiri, adalah karena faktor angin yang membantu bola melaju cukup kencang.

“Ketika bola mulai berada di daerah pertahanan mereka, ada angin yang berputar disana. Anda bisa melihat sendiri semua pemain disitu salah dalam memperhitungkan waktu. Bek jadi tidak bisa membuang bola seperti yang biasa mereka lakukan,” kata Howard.

“Saya kira angin adalah satu kondisi paling sulit ketika Anda bermain. Hujan, salju, dan sinar matahari tak masalah. Namun angina benar-benar memainkan trik untuk Anda.”

Howard pun merasa tak enak dengan Bogdan yang harus kebobolan dengan cara seperti itu. Maka, selepas pertandingan, Howard pun coba menghibur kiper kedua Bolton itu.

“Saya langsung berbicara padanya dan memberitahu bahwa saya pernah merasakan apa yang ia rasakan beberapa waktu lalu. Oleh karena itulah saya memilih untuk tidak merayakan gol tersebut,” lanjutnya.

Sayangnya, gol yang dibuat oleh Howard tersebut tidak mampu membawa Everton meraih tiga poin penuh. Adalah gol dari David N’Gog dan Gary Cahill yang membuat Bolton pulang dengan tiga angka.

Kiper Keempat

Howard sendiri bukanlah kiper pertama yang mencetak gol. Di era Premier League, sebelumnya sudah ada tiga kiper yang berhasil membobol gawang lawan.

Pada 20 Oktober 2001, Peter Schmeichel yang kala itu bermain bagi Manchester United mencetak gol saat bermain melawan Aston Villa. Schmeichel memanfaatkan kemelut di depan gawang Villa untuk mencetak gol.

Kemudian ada nama Brad Friedel. Saat itu, ia masih bermain bagi Blackburn Rovers dan bertandang ke markas Charlton Athletic. Tertinggal 2-1, Friedel pun berinisiatif untuk maju ketika ada sepak pojok. Tak dinyana, dirinya lah yang mampu membuat skor menjadi 2-2.

Lalu ada nama Paul Robinson yang saat itu masih membela Tottenham Hotspur. Mendapatkan hadiah tendangan bebas di daerah pertahanan sendiri, tendangan Robinson ternyata terlalu kencang, lalu memantul dan mengecoh Ben Foster, kiper Watford saat itu. Kejadian tersebut terjadi pada 17 Maret 2007.

Ingin tahu bagaimana keempat kiper tersebut mencetak gol? Saksikan video berikut ini.

Peter Schmeichel (Aston Villa vs Manchester United, 20 Oktober 2001)

Brad Friedel (Charlton Athletic vs Blackburn Rovers, 21 Februari 2004)

Paul Robinson (Tottenham Hotspur vs Watford, 17 Maret 2007)

http://www.youtube.com/watch?v=AjXNc_B3cCc

Tim Howard (Everton vs Bolton Wanderers, 5 Januari 2012)

http://www.youtube.com/watch?v=XvOuAf6mfGM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda