Scroll to Top

Jose Mourinho Mustahil Jadi Pelatih Barcelona, Ini Alasannya!

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 19 Jun 2017

Mourinho-Faria

Jose Mourinho mustahil menjadi pelatih Barcelona. Tetapi alasannya bukan karena ia pernah menangani Real Madrid, rival abadi Barca. Menurut Joan Laporta, mantan presiden klub Catalan, Mou tidak cocok menjadi juru taktik timnya karena perbedaan gaya sepakbola yang dimainkan.

Pada masa lalu, Jose Mourinho pernah bekerja sebagai asisten Bobby Robson, pelatih Barcelona. Dan konon pada tahun 2008, ketika Frank Rijkaard tidak meneruskan karier di klub Catalan, Barcelona punya dua opsi, memilih Mourinho atau Pep Guardiola. Cuma kala itu, pilihan jatuh pada Pep.

Muncul pertanyaan, apa yang bakal terjadi jika kala itu Laporta menunjuk Mourinho sebagai pelatih kepala Barca, bukannya Guardiola. Mungkinkah Mou akan mengantarkan Barca meraih treble winners pula? Namun Laporta menegaskan, Mou tidak mungkin menjadi pilihannya.

Mourinho

Dikutip dari DailyMail, Laporta menuturkan, “(Kira-kira perlukah mempertimbangkan kemungkinan Jose Mourinho menangani Barcelona?) Tidak bahkan untuk sedetikpun. Mourinho adalah seorang profesional yang hebat, tapi Guardiola jauh lebih cocok untuk klub kami.”

“Tentu saja ada jalan lain untuk melihat sepakbola, tapi kami (Barcelona) memiliki jalur sendiri. Kami adalah anak-anak dari The Dream Team (yang dibesarkan oleh Johan Cruyff pada akhir 1980-an hingga pertengahan 1990-an).”

Yang dimaksud Laporta tidak lain adalah taktik parkir bus yang selama ini menjadi ciri khas Jose Mourinho, sejak ia menangani Porto, Chelsea, Inter Milan, bahkan dengan tim yang memiliki kualitas serangan seperti Real Madrid. Taktik tersebut akan sangat kontras dengan gaya main Barcelona, yang sejak awal serba menyerang dan mengandalkan penguasaan bola.

Jika Mou mengembangkan sepakbola pragmatis yang mengutamakan hasil, Barca memeragakan sepakbola indah; yang mengutamakan kecantikan bermain; dan hasil ‘baru menyusul’ belakangan.

Komentar Anda