Scroll to Top

Actos: Obat Diabetes yang Memicu Kanker Kandung Kemih

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 07 Jan 2012

Baru-baru ini ditemukan, sebuah obat diabetes dianggap memberikan kontribusi pada peningkatan risiko kanker kandung kemih. Menurut laporan lembaga obat dan makanan Amerika (FDA), obat dengan merek Actos (pioglitazone) memberikan efek kanker pada penggunaan jangka panjang. Meskipun, tidak semua penderita yang mengonsumsinya bakal terkena kanker ini.

actos_pioglitazone

Laporan FDA juga menyebutkan, risiko tersebut bisa makin meningkat jika penggunaannya lebih sering pada dosis tinggi, atau diberikan pada penderita yang punya riwayat bermasalah dengan kandung kemih. Analisa ini didapatkan setelah produsennya melakukan pengamatan lima tahun berturut-turut kepada pada para konsumennya.

Risiko ini makin diperkuat dengan studi epidemiologi di Prancis. Para ilmuwan di sana menemukan indikasi yang sama terhadap risiko kanker kandung kemih pada pengguna Actos. Pihak otoritas Prancis pun sekarang tidak meresepkan obat ini kepada pasien diabetes.

Penderita diabetes membutuhkan sensitivitas terhadap insulin dalam mengontrol gula darah. Actos dibuat untuk mengatasi hal ini. Dan, obat ini ditujukan bagi penderita diabetes tipe 2 yang lebih disebabkan akibat gaya hidup yang tidak sehat dan banyak mengonsumsi gula dalam keseharian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda