Scroll to Top

Hasil Final Wimbledon 2017: Roger Federer Juara, Raih Grand Slam ke-19

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 17 Jul 2017

Hasil Final Wimbledon 2017 Roger Federer Juara, Raih Grand Slam ke-19 (3)

Hasil final Wimbledon 2017 pada Minggu (17/6) memastikan Roger Federer menjadi juara. Petenis veteran asal Swiss tersebut terlalu tangguh untuk sang lawan Marin Cilic. Federer menyapu bersih kemenangan tiga set 6-3, 6-1, dan 6-4 sekaligus menyempurnakan rekor di Wimbledon tahun ini.

Lapangan rumput Wimbledon menjadi saksi Roger Federer menciptakan sejarah besar. Usianya memang sudah 36 tahun, tetapi Federer tahun ini begitu sempurna di turnamen ini; tidak pernah kehilangan satu set pun, bahkan ketika tiba di partai final. Sebaliknya, partai puncak adalah anti klimaks tersendiri untik Marin Cilic yang awalnya potensial untuk mengimbangi Federer.

Hasil Final Wimbledon 2017 Roger Federer Juara, Raih Grand Slam ke-19 (1)

Kondisi prima Roger Federer di partai puncak, hasil keputusannya untuk menghemat energi pasca cedera tahun lalu, justru kontras dengan sang lawan. Marin Cilic seperti kehabisan energi menghadapi sang jawara. Federer mudah saja melahap set pertama, dengan tempo 37 menit. Setelah mematahkan servis Cilic, Federer mengunci kemenangan 6-3.

Set kedua semakin menjadi milik Roger Federer. Ia unggul 3-0, dan ketika itulah Cilic yang cedera sempat menangis oleh derita kesakitan. Ia berusaha memberikan perlawanan semaksimal mungkin di sisa pertarungan, tapi Federer hari ini ada di dimensi yang berbeda darinya. Cilic harus mengakui keunggulan sang petenis Swiss dengan kekalahan telak 6-1.

Hasil Final Wimbledon 2017 Roger Federer Juara, Raih Grand Slam ke-19 (4)

Di set ketiga yang menentukan, Cilic sempat mengeluarkan tenaga terakhir yang memaksa pertandingan lebih ketat. Namun nyatanya hal ini tidak cukup untuk mengalahkan Federer atau memperlama pertarungan. Justru Cilic akhirnya tumbang dengan kekalahan 6-4, dan menyudahi mimpinya merebut gelar di Wimbledon.

Bagi Roger Federer, kemenangan di Wimbledon ini adalah yang kedelapan sepanjang karier. Ia menjadi petenis tertua yang bisa menaklukkan kejuaraan ini. Di samping itu, total sudah 19 gelar grand slam yang dimenangi Federer. Khusus tahun ini, Wimbledon adalah gelar kedua Federer setelah Australia Open 2017.

Tua-tua keladi, atau apapun julukan lain yang pantas, yang pasti Roger Federer terus membuat sejarah dengan statusnya yang sudah jadi legenda.

Hasil Final Wimbledon 2017 Roger Federer Juara, Raih Grand Slam ke-19 (4)

Komentar Anda