Scroll to Top

Piala Afrika: Momen yang Dibenci Klub Premier League

By Wan Faizal / Published on Monday, 09 Jan 2012

Bagi warga di Afrika, turnamen Piala Afrika adalah saat-saat yang dinanti. Turnamen yang mempertemukan 16 negara terbaik Afrika tersebut merupakan salah satu hiburan bagi rakyat Afrika.

Namun, bagaimana dengan nasib klub pemilik para pemain yang berlaga di Piala Afrika 2012 ini? Mengingat turnamen tersebut digelar disaat liga sedang berlangsung. Berbeda dengan Piala Eropa atau Piala Dunia yang digelar ketika kompetisi telah memasuki masa libur.

 

Klub-klub Premier League adalah yang paling sering mengomel ketika turnamen Piala Afrika digelar. Tak terkecuali di gelaran tahun ini mulai tanggal 21 Januari hingga 12 Februari 2012 di Gabon dan Guinea Equatorial itu.

Manchester City misalnya. Mereka harus kehilangan dua bersaudara, Yaya Toure dan Kolo Toure, yang harus pergi membela Pantai Gading.

Kehilangan Kolo mungkin masih bisa diatasi dengan keberadaan Vincent Kompany, Joleon Lescott, dan Stefan Savic. Apalagi sejatinya Kolo sudah kehilangan statusnya sebagai pemain inti sejak ia terkena kasus doping tahun lalu.

Berbeda dengan Yaya. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu perannya begitu krusial bagi lini tengah City. Ia bersama Gareth Barry adalah pemain pertama yang menghadang serangan lawan. Begitu juga ketika tim memulai serangan, ia lah yang memulai serangan yang dilakukan timnya.

“Ya, ini adalah satu masalah. Akan menjadi lebih sulit jika kami tidak memiliki pemain pengganti yang sepadan. Karena kami bukanlah Manchester United atau Chelsea. Mereka telah memiliki mental juara sehingga mereka tidak terlalu bingung dengan situasi ini,” kata Roberto Mancini, manajer The Citizens.

Mancini pun sudah sejak lama mewanti-wanti masalah ini. Ia bahkan telah bergerak di pasar transfer untuk mencari pengganti Yaya. Mancini diberitakan sudah sejak lama meminati gelandang AS Roma, Daniele De Rossi, dan pemain AC Milan, Thiago Silva.

“Kami harus membeli satu pemain lagi. Dua bulan lalu saya berkata bahwa kita akan menjalani empat pertandingan penting di Januari, dan itu harus dilakoni tanpa Yaya,” lanjut manajer asal Italia itu.

Klub-klub lain memang akan kehilangan sejumlah pemainnya. Namun, mereka tidak terlalu “berisik” seperti City. Ambil contoh Chelsea. Mereka harus kehilangan Didier Drogba dan Salomon Kalou. Beruntung Chelsea memiliki Fernando Torres dan Romelu Lukaku yang bisa melapis posisi Drogba dan Kalou.

Sementara Arsenal, harus kehilangan Gervinho dan Marouane Chamakh selama sebulan lebih ke depan. Untuk itu lah Arsene Wenger agaknya cukup lega karena mereka telah mendapatkan tenaga tambahan dalam diri Thierry Henry untuk meringankan kerja Robin van Persie di lini depan.

Newcastle United mungkin bisa dikatakan sial. Dua pemain mereka yang mengikuti Piala Afrika kali ini merupakan dua pemain andalan, yakni Demba Ba dan Cheick Tiote.

Siapa pun tahu Ba musim ini telah menjadi mesin gol utama Newcastle. Status sebagai top skor tim dan pencetak gol terbanyak kedua di liga dengan jumlah 14 gol adalah buktinya. Manajer Alan Pardew kabarnya ingin merekrut “anak kemarin sore” bernama Jason Prior untuk menggantikan posisi Ba.

Sementara Tiote adalah pasangan serasi Yohan Cabaye di lini tengah Newcastle. Keberadaan keduanya di lini tengah Newcastle benar-benar membuat The Magpies tampil garang musim ini.

Uniknya, Pantai Gading adalah “penyedot” terbanyak para pemain yang bermain di Premier League. Toure bersaudara, Gervinho, Tiote, Drogba, dan Kalou adalah diantaranya.

Berikut adalah para pemain Premier League yang kemungkinan dipanggil negara masing-masing di Piala Afrika 2012:

Gervinho (Arsenal) – Pantai Gading

Marouane Chamakh (Arsenal) – Maroko

Didier Drogba (Chelsea) – Pantai Gading

Salomon Kalou (Chelsea) – Pantai Gading

Yaya Toure (Manchester City) – Pantai Gading

Kolo Toure (Manchester City) – Pantai Gading

Demba Ba (Newcastle United) – Senegal

Cheick Tiote (Newcastle United) – Pantai Gading

Adel Taarabt (QPR) – Maroko

Armand Traore (QPR) – Senegal

Salif Diao (Senegal) – Stoke City

Mohamed Diame (Wigan Athletic) – Senegal

Steve Gohouri (Wigan Athletic) – Pantai Gading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda