Scroll to Top

Mourinho: Premier League Hambat Prestasi Klub Inggris di Liga Champions

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 12 Sep 2017

Mourinho

Sebuah pendapat menarik dikeluarkan oleh Jose Mourinho dimana menurutnya merosotnya prestasi klub-klub Inggris di Liga Champions akhir-akhir ini terjadi karena Liga Inggris sendiri. Menurutnya, jadwal di Premier League harus lebih bersahabat bagi para wakil mereka di Liga Champions untuk bisa menunjang prestasi mereka disana seperti beberapa tahun lalu.

Terakhir kali ada klub Inggris yang bisa menembus final Liga Champions adalah Chelsea pada tahun 2012 lalu yang bisa diakhiri dengan gelar juara pasca mengalahkan Bayern Munchen. Setelahnya, prestasi tim-tim Inggris merosot tajam dan membiarkan empat trofi Liga Champions terakhir melayang ke tanah Spanyol dengan tiga diantaranya masuk ke museum trofi milik Real Madrid.

Mourinho lantas membandingkan dengan liga-liga lain dimana jadwal disana lebih bersahabat untuk klub-klub yang ada. Salah satu faktor kenapa Liga Inggris memiliki jadwal yang sangat padat pastinya adalah karena mereka memiliki dua turnamen lain selain liga utama mereka yakni FA Cup dan Piala Liga. Bandingkan dengan Spanyol, Italia, atau Jerman yang hanya punya satu turnamen ‘selingan’ saja.

“Satu hal yang bisa saya katakan adalah Real Madrid musim lalu memainkan bulan terakhirnya di La Liga dengan melawan tim-tim medioker. Maka, mereka bisa menuju Final Liga Champions dengan tenaga yang bugar. Juventus juga bisa menurunkan tenaga bugarnya dalam laga final. Untuk Inggris saya rasa itu menjadi sulit. Tidak ada libur musim dingin seperti di kompetisi lain meski sebenarnya saya suka dengan pertandingan di periode Natal tersebut,” ujar Mou.

“Negara lain mampu memproteksi klub-klub mereka (yang bermain di Liga Champions dan Europa League). Di Portugal misalnya, Benfica bisa bermain hari Jumat dan begitu juga PSG di Prancis. Tapi kita juga tidak boleh terlalu mengeluh karena klub juga harus mempersiapkan kedalaman skuad yang bagus untuk bersaing. Rotasi pemain memang sangat dibutuhkan dalam kondisi seperti itu.”

Musim lalu Mourinho bisa membawa Manchester United kembali berprestasi di panggung Eropa dengan menjuarai Europa League. Keberhasilan itu memberikan mereka tiket ke Liga Champions meski secara posisi akhir di liga kemarin mereka hanya mengakhiri musim di urutan keenam saja.

Komentar Anda