Scroll to Top

Pengguna Internet Di China Capai Setengah Milyar

By Ditya / Published on Thursday, 12 Jan 2012

Setengah milyar atau 500 juta orang pengguna internet di negeri tirai bambu. Menurut China Internet Network Information Center, pengguna internet di China tumbuh puluhan juta pengguna setiap tahun.

China Internet
Menurut Reuters, China memiliki 505 juta pengguna internet pada akhir 2011. Angka ini melebihi seluruh populasi banyak negara, termasuk Amerika Serikat.

Di luar jumlah pengguna internet yang besar, ternyata tingkat penetrasi internet China hanya 37,7 persen, bandingkan dengan penetrasi internet di AS mencapai 75 persen, jepang dan korea lebih dari 70 persen.

Penetrasi internet di China telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir ini.

Pada tahun 2008, pengguna mencapai 221 juta dan tahun 2009 mencapai 298 juta pengguna internet, pertambahannya sekitar 70 juta setiap tahun.

Meski sebagian besar penduduk China sudah terjangkau internet, namun belum tentu mereka mendapatkan pengalaman terbaik dibandingkan dengan negara dengan pengguna internet yang lebih sedikit.

China telah menerapkan sensor web selama bertahun-tahun demi kepentingan partai yang berkuasa. AS dan negara barat lainya telah meminta China untuk menghentikan sensor web-nya, namun di tolak oleh pemerintah China.

“Kami bersedia untuk bekerjasama dengan negara lain dalam rangka mempromosikan pengembangan internet. Tapi kami tidak menerima alasan kebebasan internet untuk mencampuri urusan internal negara lain.” kata juru bicara Kementrian Luar Negeri China.

Media pemerintah China, Xinhua, mengatakan bahwa pertumbuhan blog dan layanan microblogging memberikan kontribusi terhadap masalah web.

China berusaha menghambat perkembangan microblog, seperti mengharuskan penggunaan nama asli bagi pengguna microblog. Menurut data terbaru, lebih dari 300 juta orang menggunakan microblog china.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda