Scroll to Top

Barcelona Ditantang Masuk ke Liga Rusia Oleh Klub Yenisey Krasnoyarsk

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 04 Oct 2017

Hasil Liga Champion Grup D Sporting Lisbon vs Barcelona 0-1 (4)

Barcelona ditantang masuk ke Liga Rusia oleh klub Yenisey Krasnoyarsk. Tantangang yang aslinya cuma guyonan ini muncul setelah isu kemerdekaan Catalonia terus menguat. Sebelumnya, presiden Barca, Josep Maria Bartomeu menyebut, ada kemungkinan klubnya meninggalkan Liga Spanyol.

Referendum Catalonia mengeluarkan hasil bahwa 90 persen warga yang terlibat pemungutan suara menginginkan wilayah otonom tersebut merdeka dari Spanyol. Jika hal ini benar-benar terjadi, tentu ada konsekuensi besar; bahwa klub Barcelona tidak berhak lagi tampil di La Liga, dan harus mencari kompetisi lain untuk bertarung.

Di Eropa, ada beberapa liga yang menerima klub asing untuk bertarung. Misalnya, Liga Prancis yang memberikan hak untuk AS Monaco. Juga, Liga Inggris dengan kemunculan beberapa klub asal Wales di dalamnya, seperti Swansea City. Bahkan, menyeberang ke Liga Inggris memang adalah salah satu opsi yang dipikirkan oleh klub Catalan.

Hasil Liga Champion Grup D Sporting Lisbon vs Barcelona 0-1 (1)

Namun kini ada guyonan usil yang dilontarkan oleh klub Yenisey Krasnoyarsk. Klub yang berdiri pada 1937 ini sebenarnya cuma klub penghuni FNL, divisi satu Liga Rusia –atau satu tingkat di bawah Liga Primer Rusia yang merupakan liga utama Rusia–. Namun Yenisey yang sekarang memimpin FNL, dan berpeluang promosi musim depan, membujuk Barcelona untuk datang saja ke Rusia.

Tawaran ini disampaikan oleh Yenisey melalui akun twitter mereka. Uniknya, tawaran itu berupa ajakan ke FNL bukan ke Liga Primer Rusia. Disebutkan Yenisey, “Kami sudah tahu bahwa Barcelona dapat berganti kompetisi; demi kebaikan, kami mengundang Anda (Barcelona) untuk berpartisipasi di liga sepakbola terbaik di dunia, FNL.”

Tawaran itu jelas murni untuk hiburan semata. Namun untuk membuat semua lebih kocak, Yenisey juga menampilkan foto Lionel Messi yang tampak tersenyum di mixed zone bertuliskan huruf Rusia. Foto ini didapatkan dari pengembaraan Barceloan sebelumnya di Liga Champions ketika datang ke negara tersebut.

Komentar Anda