Scroll to Top

Teknologi Voice Recognition Diperkirakan Makin Populer 2012 Ini

By Ivan Azzam / Published on Thursday, 12 Jan 2012

Sekarang ini siapa yang tidak mengetahui yang namanya Siri? Fitur canggih dan keren besutan Apple ini benar-benar menarik perhatian dunia saat pertama kali diluncurkan tahun lalu. Namun pada berita kali ini bukanlah akan berfokus pada Siri, melainkan pada teknologi yang diembannya, voice recognition atau teknologi pengenalan suara.

Bisa dikatakan, setelah Siri hadir, Siri seperti menjadi pelopor akan booming-nya teknologi semacam ini. Ambil contoh, saat terdengar kabar sebuah perusahaan raksasa, Google, akan segera membuat saingannya Siri, yang disebut sebagai Majel. Teknologi pengenalan suara ini diperkirakan akan semakin populer pada tahun 2012 ini.

ICES 2012

Di sebuah event yang sedang berlangsung di AS sana, yaitu International Consumer Electronic Show atau lebih disebut CES melakukan pameran teknologi-teknologi canggih keluaran beberapa perusahaan ternama. Dan perusahaan ternama tersebut setidaknya memiliki produk yang ditanamkan fitur voice recognition tersebut.

Contohnya adalah Samsung, Samsung pada CES memamerkan TV buatannya yang bisa dikendalikan suara dan sentuhan (motion gesture dan voice controlled), Intel, bekerjasama dengan perusahaan bernama Nuance, membuat Ultrabook yang juga bisa dikendalikan suara, LG dan Lenovo mengenalkan perangkat dengan aplikasi perintah suara, dan ada Sony, yang membuat remote yang bisa merespon perintah suara pengguna, juga perusahaan telekomunikasi besar, AT & T yang berminat membuat aplikasi dengan fitur voice recognition yang akan ditawarkan ke perusahaan otomotif agar bisa dipasang ke mobil buatan mereka, katakanlah, semacam Siri untuk mobil.

Bagaimana? Sepertinya hidup kita akan semakin mudah ya nantinya? Semoga teknologi ini segera bisa hadir di Indonesia ini agar kita bisa menikmatinya. (via NYTimes)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda