Scroll to Top

UEFA Nations League Dibentuk: Jerman, Spanyol & Inggris Masuk Liga A

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 11 Oct 2017

UEFA Nations League Dibentuk Jerman, Spanyol & Inggris Masuk Liga A

UEFA Nations League atau Liga Negara UEFA sudah resmi dibentuk. Para negara elite Eropa seperti Jerman, Spanyol, dan Inggris masuk ke dalam Liga A yang terdiri dari 12 tim. Nantinya kompetisi ini akan digulirkan sejak September 2018 hingga Juni 2019 untuk menentukan jatah khusus tiket ke Euro 2020.

Terobosan baru UEFA yang ditunggu-tunggu akhirnya tercipta juga. UEFA Nations League yang melibatkan 55 tim anggota badan sepakbola Eropa tersebut, akan digulirkan pada September-November 2018 untuk babak penyisihan grup, dan Juni 2019 untuk final Nations League.

Konsepnya, UEFA Nations League ini akan terbagi menjadi empat liga yaitu Liga A, B, C, dan D. Dan di setiap liga, akan ada empat grup dengan tiga peserta. Juara grup Liga A akan lolos ke final Nations League. Peringkat ketiga, akan terdegradasi ke Liga B. Demikian pula seterusnya.

Juara Liga B akan promosi ke Liga A, sementara peringkat ketiga akan jatuh ke Liga C. Hingga akhirnya di Liga D, yang pesertanya berjumlah 16 tim (empat grup). Di sana, sang juara masing-masing grup berhak promosi ke Liga C, yang secara keseluruhan terdiri dari 15 tim.

UEFA Nations League Dibentuk Jerman, Spanyol & Inggris Masuk Liga A t

Pembagian negara-negara UEFA ke dalam masing-masing liga, ditentukan oleh nilai koefisien mereka. Dengan demikian, negara elite seperti Spanyol dan Jerman, tampil di Liga A. Sementara negara seperti Austria, Wales, hingga Ukraina ada di Liga B. Peserta Liga C di antaranya adalah Hungaria dan Romania. Sementara di Liga D, ada Kosovo, San Marino, dan Gibraltar serta para tim gurem Eropa lainnya.

Sebagai catatan, UEFA Nations League ini digunakan untuk mengganti pertandingan ujicoba internasional. Selain itu, kompetisi ini berbeda dengan kualifikasi Euro 2020. Meskipun demikian, terdapat empat tiket tambahan menuju Euro 2020 untuk para juara grup dari empat liga dalam UEFA Nations League ini; asalkan mereka tidak tercantum sebagai tim yang lolos dari babak kualifikasi normal.

Pembagian liga-liga dalam UEFA Nations League adalah sebagai berikut.

Liga A: Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, Portugal, Belgia, Swiss, Italia, Polandia, Islandia, Kroasia, Belanda

Liga B: Austria, Wales, Rusia, Slowakia, Swedia, Ukraina, Republik Irlandia, Bosnia dan Herzegovina, Irlandia Utara, Denmark, Republik Cheska dan Turki.

Liga C: Hungaria, Rumania, Skotlandia, Slovenia, Yunani, Serbi, Albania, Norwegia, Montenegro, Israel, Bulgaria, Finlandia, Siprus,  Estonia, dan Lithuania

Liga D: Azerbaijan,  Makedonia, Belarusia, Georgia, Armenia,  Latvia, Kepulauan Faroe, Luksemburg, Kazakhstan,  Moldova,  Liechtenstein, Malta, Andorra, Kosovo, San Marino, dan Gibraltar

Komentar Anda