Scroll to Top

“Bald Barbie”, Gerakan Barbie Botak Untuk Mendukung Penderita Kanker di Facebook

By Melissa / Published on Thursday, 12 Jan 2012

Siapa yang tidak kenal Barbie?

Boneka cantik yang memiliki tubuh indah dengan rambut pirang lebat ini merupakan mainan favorit anak-anak perempuan di seluruh dunia.

Berpijak pada ketenaran Barbie sebagai figur idaman para anak perempuan, muncul sebuah gerakan bernama “Bald Barbie” yang berarti “Barbie Botak”.

Gerakan yang kontras dengan citra Barbie ini segera mendapat perhatian publik.

“Bald Barbie” adalah gerakan yang dibuat untuk menjadikan Barbie sebagai figur para gadis muda yang sedang menjalani kemoterapi akibat penyakit kanker dan penyakit rambut yang menyebabkan kebotakan bernama alopecia.

Di Facebook Page tersebut tertulis bahwa pembuatnya ingin melihat Barbie yang tetap cantik meskipun botak dengan tujuan untuk menyemangati para remaja perempuan yang menderita kebotakan.

Facebook Page yang didukung oleh para wanita yang sedang mengalami kebotakan dan para orangtua yang memiliki anak penderita kanker ini muncul beberapa hari sebelum Natal 2011 dan sudah di-Like lebih dari 18.000 kali.

Beckie Sypin, pembuat gerakan “Bald Barbie“, adalah seorang ibu berusia 32 tahun yang memiliki putri penderita leukemia.

Ia melihat betapa putrinya berjuang menjalani terapi leukemia dan mengalami efek samping kebotakan. Anak-anak di sekitarnya sering menatap putrinya dan bertanya mengapa ia botak.

Dengan gerakan “Bald Barbie” ini Beckie ingin agar orang-orang tidak lagi menganggap botak adalah hal yang aneh. Ia ingin orang lain paham bahwa kebotakan dapat terjadi pada siapa saja dan merupakan hal yang lumrah.

Deanna Pledge, seorang psikolog anak berkata bahwa Barbie botak mungkin bisa membantu memromosikan pesan positif dan dapat mengedukasi masyarakat.

Mattel Inc. sendiri selaku pencipta Barbie belum menanggapi gerakan ini.

Beckie berkata ia mendapat surat umum dari Mattel Inc. yang menjelaskan bahwa saat ini mereka belum menerima ide dari luar dan sedang mengembangkan ide baru untuk tahun 2012, namun inovasi tersebut masih dirahasiakan.

Beckie berharap agar Mattel dan produsen mainan lainnya mau memerhatikan isu ini.

(via Facebook Fan Central)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda