Scroll to Top

Javier Chicharito Hernandez: Striker Maut Manchester United

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 26 Jun 2011

Salah satu striker yang namanya tengah naik daun sepanjang musim lalu adalah Javier “Chicharito” Hernandez. Ya, striker Manchester United asal Meksiko ini di usia belia telah menebar banyak pujian, termasuk dari Sir Alex Ferguson. Bahkan Fergie tidak segan-segan menyamakan Chicharito dengan striker masa lalu Setan Merah, Ole Gunnar Solksjaer.

Chicharito sendiri bernama lengkap Javier Hernández Balcázar. Ayahnya, Javier Hernández Gutiérrez, juga seorang pesepakbola. Bahkan, sang ayah berhasil masuk ke dalam timnas Meksiko di Piala Dunia 1986 yang dimenangkan Argentina.

Chicharito yang lahir pada 1 Juni 1988 memulai kariernya di klub lokal Meksiko, Guadalaraja. Konon, sang pelatih sempat menepikan Chicharito dan bahkan membuat pemain bertinggi 175 cm ini frustrasi; nyaris menutup kariernya terlalu dini. Beruntunglah, pada musim 2009/2010, musim keempatnya bersama Guadalaraja, Chicharito tampil luar biasa. Ia mencetak 21 gol dari 22 pertandingan liga. Pada musim yang sama, ia dinobatkan sebagai top skorer Liga Meksiko.

Prestasi Chicharito inilah yang dibidik Sir Alex Ferguson. Bukan hal baru jika Fergie dikenal jago menyepuh pemain. Lihatlah sederetan pemain yang tergabung dalam Fergie Babes pada era 1990-an atau Cristiano Ronaldo. Dibelilah Chicarito dengan transfer yang dirahasiakan.

Uniknya, sebagai bagian demi mulusnya transfer, MU sempat bertanding dengan Guadalaraja dalam tur pra musim. Dalam pertandingan tersebut, pada babak pertama Chicarito bermain untuk klub lamanya dan pada babak kedua berganti dengan seragam Setan Merah. Chicharito sukses mencetak gol untuk Guadalaraja, tapi tidak untuk Manchester United sehingga MU kalah 3-2.

Benarlah, perjudian Fergie kali ini kembali terbukti. Pada musim pertamanya di Manchester United, Chicharito mampu bersaing dengan tiga striker kelas wahid: Wayne Rooney, Dimitar Berbatov, dan Michael Owen. Total, pemain bermata tajam ini mencetak 20 gol dari 45 pertandingan.

Prestasi Chicharito semakin mengilap pasca ia mengikuti Gold Cup, turnamen negara-negara zona CONCACAF. Chicarito dipastikan menjadi top skorer ajang dua tahunan tersebut.

Musim depan, tentu Chicharito lebih siap lagi berada di Old Trafford. Jika melihat kemampuannya, bukan tidak mungkin Chicharito akan mendepak Dimitar Berbatov yang mulai termakan usia dan kurang maksimal sejak dibeli dengan harga mahal dari Tottenham Hotspurs.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda