Scroll to Top

Chiellini, Barzagli, dan De Rossi Pensiun Dari Timnas Italia

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 14 Nov 2017

Chiellini-De Rossi

Selain Gianluigi Buffon, tiga pemain veteran Italia lainnya seperti Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli, dan Daniele De Rossi juga memutuskan pensiun dari karir mereka bersama Timnas Italia. Kegagalan menembus Piala Dunia 2018 memang mempengaruhi keputusan ketiga pemain senior tersebut dan mereka berharap para pemain muda lain bisa meneruskan perjuangan mereka di timnas.

Italia memang masih sangat mengandalkan ketiganya dalam laga-laga menuju Piala Dunia 2018 ini bersama pemain senior lain macam Buffon dan Leonardo Bonucci. Sayangnya, kegagalan untuk lebih unggul dari Spanyol di fase grup babak kualifikasi membuat Italia harus melakoni duel hidup dan mati melawan Swedia. Menjadi sial bagi mereka karena justru Italia yang harus tersungkur dari persaingan.

“Sekarang generasi baru sudah siap untuk bertarung dan kita harus memulai lagi dengan mengandalkan mereka. Menjadi hal aneh bagi saya ketika harus mengenakan jersey Italia untuk terakhir kalinya. Tapi apa yang terpenting adalah kita harus bisa membangun masa depan lebih baik,” jelas De Rossi.

Pendapat yang hampir sama juga dikeluarkan oleh dua koleganya. Selain menyatakan pamit dari tim nasional, mereka berharap para pemain muda yang ada bisa menjadi pondasi yang bagus bagi keberlangsungkan tim nasional ke depannya. Tidak salah memang karena sebenarnya Italia punya banyak bakat brilian yang harus dimanfaatkan.

“Kegagalan ini jelas hal yang mengecewakan. Saya harap para pemain muda bisa menghadapi situasi ini dengan baik dan bisa melakukan hal yang lebih baik ke depannya dibanding kami. Era dari empat atau lima pemain veteran disini sudah berakhir dan para pemain muda lain yang masih lapar akan kesuksesan harus bisa menjadi lebih baik lagi,” tutur Barzagli.

Lalu, apa kata Chiellini?

“Kami punya banyak pemain muda yang bisa berkembang dalam beberapa tahun ke depan dan mereka butuh dukungan dari fans. Dalam tiga tahun terakhir kami (para pemain senior) diminta untuk tidak pensiun terlebih dahulu. Tapi sekarang Italia harus memulai era baru dengan mereka seperti Marco Verratti dan yang lain yang saya rasa sudah akan lebih dewasa di Piala Eropa mendatang,” jelasnya.

Komentar Anda