Scroll to Top

High Heels Bikin Kaki Jadi Datar?

By C Novita / Published on Saturday, 14 Jan 2012

Ada persepsi yang mengatakan bahwa wanita yang mengenakan sepatu high heels akan nampak jadi lebih seksi, sebab kaki-kakinya menjadi terkesan panjang dan langsing. High heels juga membantu membuat seseorang terkesan lebih tinggi dari pada sebenarnya.

Tapi, penggunaan sepatu berhak tinggi telah terbukti dapat menyebabkan kaki terkena penyakit arthritis atau radang sendi. Belakangan, ada satu lagi fakta merugikan tentang penggunaan high heels.

Dailymail merilis bahwa sejumlah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Inggris menemukan bahwa telapak kaki pengguna sepatu hak tinggi perlahan akan menjadi datar.

Padahal, kaki manusia telah dirancang oleh Sang Kuasa untuk memiliki lekukan di bagian dalamnya, untuk membuatnya seimbang. Akibatnya telapak kaki yang datar akan otomatis membuat kaki menjadi mudah lelah.

Kaki yang datar juga sering nyeri luar biasa jika dipakai berjalan dalam waktu lama.

Universitas East Anglia, Inggris, menemukan bahwa kaki datar terjadi saat tendon pada telapak kaki melemah oleh protein yang tumbuh secara alami dalam tubuh.

Hasilnya, struktur dan komposisi spesimen tendon di telapak kaki berubah dan menemukan bukti peningkatan aktivitas beberapa enzim proteolitik.

Sehingga, kaki menjadi datar dan strukturnya berubah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda