Scroll to Top

Ini Beda Sepakbola Malaysia & Indonesia Menurut Rahmad Darmawan

By Aditya / Published on Monday, 20 Nov 2017

Rahmad Darmawan RD

Pelatih klub Malaysia, T-Team FC atau Terengganu FA II, Rahmad Darmawan alias RD, membeberkan perbedaan antara sepakbola di negeri jiran dengan di Indonesia. RD adalah pelatih asal Lampung yang sudah sangat berpengalaman membesut klub-klub besar di tanah air, dan sejak tahun lalu berkarier di Malaysia.

“Pengalaman saya di klub, di Terengganu (T-Team FC), dalam segi infrastruktur, untuk dua klub kami memiliki dua stadion dan disiapkan 7 lapangan untuk latihan,” buka Rahmad Darmawan beberapa waktu lalu.

“Di sana (Malaysia), federasi (FAM, PSSI-nya Malaysia) juga menyiapkan kompetisi kelompok umur. Ada Piala Presiden untuk U21, ada Usia Belia untuk U19 dan ada juga kompetisi untuk U16. Ini yang kita kalah,” paparnya.

Jika begitu, apa kelebihan sepakbola Indonesia dari Malaysia. “Kalau urusan talenta, kita luar biasa,” jawab mantan pelatih Timnas Indonesia U23 yang juga pernah menukangi Sriwijaya FC, Persipura Jayapura, Persija Jakarta, Arema, dan Pelita Jaya ini.

Meskipun kalah dalam hal talenta, lanjut Rahmad Darmawan, namun Malaysia bisa mensiasati kekurangan mereka tersebut, yakni dengan menerapkan konsep yang lebih tepat dalam pengelolaan sepakbola, terutama pembinaan pemain usia dini.

“Selalu kan kekalahan kita dari mereka karena strategi bermain, ini karena secara edukasi mereka sudah terbiasa. Mereka tak lebih pintar, hanya terbiasa. Sejak usia 16 tahun mereka sudah dimatangkan di kompetisi,” beber Rahmad Darmawan.

 

Komentar Anda