Scroll to Top

Material Vulkanis Terlontar Saat Gunung Agung Meletus Selasa Sore

By C Novita / Published on Tuesday, 21 Nov 2017

1779973336

Material vulkanis terlontar keluar saat Gunung Agung meletus atau erupsi pada Selasa (21/11/2017) sore sekira pukul 17.05 WITA. Bagian puncak dan kawah gunung berapi yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali itu tampak ditutupi oleh asap kelabu serta abu vulkanik yang membumbung tinggi.

Hal itu dijelaskan pula oleh Kasubdit Mitigasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Wilayah Timur, Devi Kamil. Melalui sebuah foto yang berhasil diambil oleh petugas pos pantau Gunung Agung di Desa Rendang, Karangasem, kondisi gunung saat erupsi terpantau.

“Itu foto letusan, nanti akan ada rilis soal itu,” tulis Devi melalui pesan WhatsApp.

Laporan pengamatan rutin diberikan per 6 jam sekali setiap harinya. Pada laporan untuk hasil pengamatan sore hari Selasa, terlihat sisa erupsi berupa asap dan abu setinggi 500-600 meter dari kawah terbawa angin membumbung ke atas.

Gempa tremor nonharmonik juga tercatat terjadi saat letusan, diiringi dengan gempa vulkanik dua kali.

Zona aman untuk warga dan wisatawan masih belum dinaikkan, yakni masih 6 kilometer dari puncak Gunung Agung dengan status masih level III atau Siaga.

Arah angin ke sisi timur gunung membuat hujan abu sudah terjadi di wilayah dimana angin bertiup.

“Sudah ada hujan abu juga,” jelas Kabid Mitigasi Gunungapi PVMBG, I Gede Suantika, seperti dilansir laman detikcom, Selasa (21/11/2017).

 

 

 

Komentar Anda