Scroll to Top

Cristiano Ronaldo Resmi Raih Ballon d’Or 2017, Samai Rekor Lionel Messi

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 08 Dec 2017

Cristiano Ronaldo Resmi Raih Ballon d'Or 2017, Samai Rekor Lionel Messi 2

Cristiano Ronaldo resmi meraih Ballon d’Or 2017. Dengan demikian, sang penyerang Real Madrid menyamai rekor Lionel Messi sebagai pria yang mengoleksi total lima Ballon d’Or sepanjang sejarah.

Akhirnya pengumuman pemenang Ballon d’Or pada Jumat, 8 Desember 2017 waktu Indonesia terwujud juga. Cristiano Ronaldo yang tahun ini memberikan gelar juara Liga Spanyol dan Liga Champion untuk Real Madrid dinobatkan sebagai yang terbaik oleh France Football.

Gelar yang luar biasa, sekaligus melengkapi salah satu tahun sempurna lagi untuk Cristiano Ronaldo. Pasalnya, sepanjang 2017 ini dia juga sudah mematenkan diri sebagai Pemain Terbaik UEFA musim 2016-2017; juga pemenang FIFA The Best 2017.

Pengakuan atas kehebatan Cristiano Ronaldo adalah hal wajar. Pemain berusia 32 tahun tersebut berperanan vital untuk kemenangan Real Madrid atas Juventus 3-1 di final Liga Champions 2017. Dia juga membantu Los Blancos menghentikan dominasi Barcelona di La Liga.

Khusus untuk rekor individual, terlalu banyak rekor yang dipecahkan Ronaldo tahun ini. Mantan pemain Manchester United ini pada bulan Mei 2017 mampu meraih 366 gol dalam perjalanan liga, yang membuatnya menyalip catatan Jimmy Greaves, sebagai top skor di lima liga elite Eropa.

Selain itu, Cristiano Ronaldo sudah melampaui rekor 600 gol sepanjang kariernya dengan gol ganda yang dicetak ke gawang Juventus akhir musim lalu. Terakhir, Ronaldo yang terus memperbaiki catatannya sebagai top skor Liga Champion sepanjang masa, juga mampu membukukan rekor lain.

Cristiano Ronaldo Resmi Raih Ballon d'Or 2017, Samai Rekor Lionel Messi

Ia adalah pria pertama yang mampu mencetak gol di seluruh pertandingan di Liga Champions musim ini. Hal yang dibuatnya dalam laga melawan Borussia Dortmund, sehari sebelum menerima Ballon d’Or.

Ballon d’Or sendiri didasarkan pada pilihan 173 jurnalis di seluruh dunia. Tahun ini adalah tahun kedua Ballon d’Or berdiri sendiri setelah sempat bekerjasama dengan FIFA selama enam tahun.

Sebagai catatan, dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sendiri begitu luar biasa. Dalam 10 tahun terakhir, tidak ada pemenang Ballon d’Or selain keduanya. Hal yang menyebabkan Kaka (2007) adalah pemegang Ballon d’Or terakhir sebelum era Messi-Ronaldo yang tampak tak berkesudahan.

Komentar Anda