Scroll to Top

IBM Temukan Cara Menyimpan Data Hanya Dengan Menggunakan Selusin Atom

By Moch Ridwan / Published on Sunday, 15 Jan 2012

Ilmuwan di IBM menemukan cara untuk menyimpan data hanya dengan menggunakan 12 atom untuk setiap bitnya. Para peneliti di IBM ini hanya memerlukan kurang dari 100 atom besi untuk menyimpan data yang bertuliskan kata “Think”.

Memang sih penerapan penyimpanan data dengan menggunakan atom ini bukanlah sesuatu yang baru. Namun pertama kali ditemukan oleh Fisikawan Amerika Richard Feynman. Akan tetapi temuan yang dilakukan oleh peneliti IBM sungguh hal yang luar biasa. Disebabkan sebagai perbandingan Disk Drive yang kita gunakan saat ini menggunakan sekitar 1 juta atom untuk menyimpan 1 bit data.

Untuk memperoleh hasil dimana bisa menyimpan kata ‘Think” dengan hanya menggunakan 96 atom besi para ilmuwan memanfaatkan sifat antiferromagnetik. Atom diatur sedemikian rupa dengan menggunakan ‘Scanning Tunneling Microscope’ (STM) untuk mengatur 12 atom besi yang dipasangkan secara berpasangan dengan spin yang saling bertolak belakang. Sifat antiferromagnetik muncul pada suhu rendah dan hilang pada suhu diatas ‘Neel Temperatur’.

Untuk menyimpan data ASCII kata ‘Think’ maka para peneliti kemudian menggambarkan sebuah magnetik byte sebanyak lima kali dengan keadaan yang berbeda. ( 1byte = 8 bit= 96 untuk 12 atom perbitnya).

“Penelitian yang telah kami lakukan ini tentu saja akan menjadi titik puncak untuk mengetahui kapasitas tertinggi dimana atom secara magnetik bisa menyimpan data,” tandas seorang analis Jim Handy dari Objective Analysis.

Memang sih teknologi ini tidak akan bisa langsung segera kita dapatkan dipasaran namun merupakan sebuah indikasi dimana teknologi IT menemukan jalan kreatifnya untuk mengatasi keterbatasan dalam penyimpanan data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda