Scroll to Top

Trie Utami: Sultan HB X Adalah Penjaga Budaya Indonesia

By Aditya / Published on Monday, 16 Jan 2012

Penyanyi senior Trie Utami rupanya sangat mengagumi sosok Sri Sultan Hamengkubuwono X. Bagi Trie Utami, Raja sekaligus Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta itu adalah penjaga kebudayaan Indonesia.

“Saya berharap pada Ngarso Dalem (Sri Sultan Hamengkubuwono X) karena beliau memang sebagai pemangku budaya di Yogyakarta. Pada beliau, kebudayaan Indonesia bisa terjaga,” puja Trie Utami di Yogyakarta seperti dilansir oleh Kompas, Minggu (15/1).

Trie Utami memang sangat mengharapkan kehadiran Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam gelaran “Sembah Sujud Doa Pertiwi: Nusantara Harmoni” di mana ia tampil sebagai salah satu pengisi acara. Ketika sang Sultan benar-benar datang dalam acara yang dilangsungkan di Candi Prambanan beberapa waktu lalu itu, Trie Utami merasa sangat gembira sekaligus semakin kagum pada sosok orang nomor satu di Yogyakarta tersebut.

Trie Utami tidak mau menyia-nyiakan kesempatan langka ini. Dalam acara itu, mantan vokalis grup band Krakatau ini pun memohon kepada Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk naik ke atas panggung dan berkenan berbagi sedikit cerita tentang pentingnya menjaga kebudayaan Indonesia yang sangat beragam.

Gelaran “Sembah Sujud Doa Pertiwi: Nusantara Harmoni” dihelat untuk memupuk kecintaan terhadap budaya bangsa sekaligus sebagai ajang amal bagi para korban bencana erupsi Gunung Merapi. Selain Trie Utami, sejumlah seniman ternama turut andil dalam acara ini, termasuk gitaris GIGI Dewa Budjana dan pegiat seni asli Yogyakarta Djaduk Ferianto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda