Scroll to Top

Biar Gampang Parkir, Mobil Ini Bisa Dilipat Jadi Lebih Kecil

By C Novita / Published on Sunday, 07 Jan 2018

072782400_1514882794-Earth-1_reuters

Mencari tempat parkir di perkotaan saat ini sudah begitu sulit, sebab membludaknya jumlah kendaraan. Apalagi di negara dengan harga lahan yang sangat mahal semisal di Jepang, parkir sudah jadi barang mewah namun dibutuhkan.

Untuk memecahkan masalah lahan parkir yang kian sempit, sebuah kendaraan roda empat dibuat dengan kemampuan melipat diri agar menjadi lebih kecil. Dilansir Asiaone pada Rabu (3/1/2018) lalu, mobil yang dibuat tersebut diberi nama Earth-1.

Terinspirasi dari film Transformer, Earth-1 adalah mobil yang menggunakan tenaga listrik untuk berjalan.

Memang kendaraan ini baru konsep, akan tetapi prototipe nya memang cukup menarik dan dapat menghemat lahan parkir.

Perancangnya adalah kartunis Yunio Okawara, pria yang ada dibalik mainan robot Gundam.

“Kendaraan yang sangat kecil, bisa parkir di tempat yang sempit. Kami memprakasai proyek ini, untuk bisa melipat mobil dan mengubah menjadi sesuatu yang kecil, untuk membantu konsep pengurangan tempat parkir,” jelas President and Chief Four Link Systems, Inc., Hiroomi Kinoshita.

Earth-1 nanti akan dikembangkan oleh perusahaan startup, Four Link System yang berbasis di Jepang. Bentuk tampilannya memang sudah mungil, dan dapat dilipat seperti layaknya mainan origami.

Menurut perancangnya, mobil tersebut diperkirakan bakal dijual seharga US$ 70.000 atau dengan kurs rupiah saat ini sekira Rp 1 miliar.

 

 

 

Komentar Anda