Scroll to Top

Wikipedia Versi English akan Tutup 24 Jam Esok untuk Memrotes SOPA

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 17 Jan 2012

Jimmy Wales

Situs ensiklopedia daring Wikipedia versi Bahasa Inggris, rencananya akan tutup selama 24 jam pada Rabu esok waktu Amerika Serikat.

Penutupan situs gagasan Jimmy Wales ini bukan karena website tersebut sedang maintenis, namun sebagai bentuk protes atas UU SOPA (Stop Online Piracy Act) yang akan disahkan dalam waktu dekat.

Berita ini muncul langsung dari Jimmy Wales, lewat akun Twitter @jimmy_wales. Ia menuliskan jika menghimbau para siswa untuk mengerjakan pekerjaan rumah lebih awal.

Sebab referensi belajar utama mereka (Wikipedia) akan tutup sebagai bentuk protes terhadap undang-undang pada hari Rabu.

[blackbirdpie url=”https://twitter.com/jimmy_wales/statuses/158971314449809409″]

SOPA itu sendiri sejatinya adalah suatu bentuk tindakan preventif White House untuk menekan angka pembajakan. Namun kuasa undang-undang ini jika nanti disahkan akan sangat tak terbatas.

Ia dapat menutup semua situs yang memiliki konten ilegal. Konten apa saja. Baik itu musik, film, game, aplikasi, dan lain-lain.

SOPA menurut Jimmy Wales akan mengebiri kebebasan berkreasi dalam menghasilkan konten. UU tersebut juga bisa dijadikan kartu truf bagi pemerintah yang tak sepaham dengan kebijakan tersebut.

Ngambeknya Wikipedia ini menurut Jimmy Wales sebagai upaya untuk menyadarkan pemerintah atas rumusan undang-undang. Tak hanya Wikipedia saja yang akan tutup di hari Rabu.

Reddit dan jaringan Cheezburger yang meliputi situs The Daily What dan Fail Blog, juga berencana menutup sementara situs mereka sebagai protes terhadap SOPA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda