Scroll to Top

Partai Berkarya Masuk 14 Parpol Peserta Pemilu 2019, Ini Daftarnya!

By Aden Isna Riadna / Published on Saturday, 17 Feb 2018

Partai Berkarya Masuk 14 Parpol Peserta Pemilu 2019, Ini Daftarnya!

Partai Berkarya masuk dalam daftar 14 parpol peserta Pemilu 2019. Partai yang memiliki ketua dewan pembina Tommy Soeharto ini menjadi salah satu dari empat partai politik baru yang bakal bertarung dengan 10 parpol lama untuk pemilihan umum tahun depan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Sabtu, 17 Februari 2018, resmi menetapkan parpol peserta Pemilu 2019. KPu sendiri memberikan penilaian dari sisi administrasi dan verifikasi faktual. Ini termasuk lengkapnya pengurus inti parpol di tingkat pusat, jumlah keterwakilan perempuan minimal 30 persen, dan domisili kantor tetap di tingkat DPP.

Selain itu, syarat untuk parpol yang bertarung di Pemilu tahun depan, adalah memenuhi keanggotaan minimal di 75 persen Kabupaten/Kota di 34 provinsi selirih Indonesia. Ditambah, persebaran pengurus parpol minimal 50 persen kecamatan dalam 75 persen Kabupaten/Kota di 34 provinsi.

Partai Berkarya hanyalah salah satu dari empat partai baru di Pemilu tahun depan. Selebihnya ada Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan ikon Grace Natalie, Partai  Persatuan Indonesia (Perindo) yang punya ‘kartu’ Harry Tanoe, dan terakhir Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) yang berdiri pada 1 Januari 2018 lalu.

Selain mereka, ada 10 partai lama, termasuk pemenang di Pemilu 2019, PDI Perjuangan. Lalu nama-nama lain yang akrab di telinga adalah PAN, Partai Demokrat, Partai Gerinda, Partai Golkar, Partai Hanura, PKS, PKB, dan Partai Nasdem.

Partai Berkarya Masuk 14 Parpol Peserta Pemilu 2019, Ini Daftarnya! 3

Namun ada dua partai yag tidak lolos verifikasi. Mereka adalah Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Masing-masing memiliki catatan dan terbukti tidak memenui syarat.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan dikutip dari Kompas menuturkan, “Status PBB secara nasional dinyatakan tidak memenuhi syarat disebabkan (kpengurusan dan keanggotaan di) Provinsi Papua Barat di Kabupaten Manokwari Selatan tidak memenuhi syarat.”

Akan halnya PKPI, tidak memenuhi kriteria terkait jumlah minimal kepengurusan partai tersebut, yang kurang dari  50 persen dari jumlah kecamatan pada 75 persen jumlah Kabupaten/Kota di 34 provinsi. Hanya saja, PKIP dan PBB mengajukan gugatan yang akan dialamatkan kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu)

Berikut ini daftar partai politik yang lolos jadi peserta Pemilu 2019.

1. Partai Amanat Nasional (PAN)

2. Partai Berkarya

3. PDI Perjuangan

4. Partai Demokrat

5. Partai Gerindra

6. Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda)

7. Partai Golkar

8. Partai Hanura

9. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

10. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

11. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)

12. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)

13. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

14. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Komentar Anda