Scroll to Top

Tite: Brazil Belajar Terbiasa Tanpa Neymar

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 28 Mar 2018

GerBra

Tite, pelatih Timnas Brazil, menyatakan bahwa timnya untuk saat ini masih belajar terbiasa bermain tanpa kehadiran seorang Neymar. Adanya kemungkinan bahwa Neymar akan absen di Piala Dunia 2018 nanti memang membuat Tite harus secepatnya mempersiapkan kemungkinan terburuk andaikan Neymar memang benar-benar tidak bisa ikut bermain di Rusia nanti.

Neymar mengalami cedera beberapa pekan lalu dan terbilang cukup parah. Dikatakan bahwa musim ini sudah berakhir bagi Neymar karena ia diperkirakan baru bisa bermain akhir Mei mendatang. Itu artinya jika memang bisa sembuh pada waktu itu, Neymar sudah akan langsung berkonsentrasi untuk negaranya di Piala Dunia 2018 nanti.

Namun bagaimana jika ternyata ada kendala serius dalam program penyembuhan Neymar? Hal paling buruk tentunya adalah tidak melihat sang bintang bermain di Piala Dunia tahun ini yang mana hal itu sudah diantisipasi oleh Tite. Tanpa Neymar, dalam dua laga persahabatan terakhir Brazil sukses mengalahkan Rusia 0-3 dan kemudian menang 0-1 atas Jerman.

“Pemain terbaik kami tidak bisa bermain. Tim ini merindukan Neymar namun kami belajar bermain tanpanya dan harus tetap kuat tanpanya. Hal ini mampu membantu meningkatkan kekuatan kami,” urai Tite.

Semalam, Brazil bisa sedikit menghapus kenangan buruk mereka atas Jerman di Piala Dunia 2014 lalu. Tapi bagi Tite, kemenangan yang tercipta berkat gol tunggal Gabriel Jesus tersebut tak akan sepenuhnya menutup luka akibat kekalahan 1-7 dari Jerman di kandang sendiri waktu itu.

“Benar bahwa masih akan ada hantu berkeliaran (terkait kekalahan memalukan itu). Saya merasa bahwa orang-orang juga berusaha untuk tidak membicarakan hal tersebut. Itulah kehidupan dan itu sudah masa lalu meski orang tidak akan bisa melupakan hasil tersebut,” tutup Tite.

Komentar Anda