Scroll to Top

WordPress Ikutan ‘Ngambek’

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 18 Jan 2012

WordPress Goes Dark

Aksi sepontan gerakan 18 Januari 2012 dimana beberapa situs yang menutup layanan selama 24 jam, kini merambat ke WordPress. Media sosial khusus blog tersebut ikut menggelar aksi blckout dengan mengubah tampilan landing page situsnya dengan warna serba hitam. Seperti apa?

Pemerintah Amerika Serikat yang sedang menggodok dua UU yakni Stop Online Piracy (SOPA) dan Proteck IP Act (PIPA) ternyata mendapat perlawanan dari beberapa situs besar.

Sebut saja Wikipedia yang telah mogok hari ini. Dan aksi WordPress adalah yang kesekian kalinya dari aksi beberapa situs lainnya. Sebut saja Reddit dan beberapa situs lainnya.

Namun aksi mereka ternyata tidak didukung oleh jejaring sosial lainnya. Sebut saja Twitter. Bahkan Dick Costolo, CEO Twitter, beranggapan jika tindakan situs-situs tersebut adalah sesuatu yang konyol.

PIPA dan SOPA ini nantinya akan memberikan kewenangan penuh kepada Pemerintah Amerika Serikat untuk mengontrol serta menyensor situs-situs asing yang dianggap melakukan aktivitas piracy.

Namun kewenangan ini akan memiliki kekuatan sepihak. Dengan demikian Pemerintah Amerika Serikat dapat langsung menutup situs yang dianggap bermasalah tersebut.

Namun sayangnya aksi ‘ngambek’ ini tidak diikuti oleh beberapa situs-situs besar. Sebut saja Google, Facebook, Tumblr, atau Twitter. Mereka hari ini tetap beroperasi dan memberikan layanan pada penggunanya seperti hari-hari biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda