Scroll to Top

Ini Beda Santan Peras, Santan Bubuk dan Instan Untuk Mengolah Masakan

By C Novita / Published on Friday, 06 Apr 2018

santan

Saat ini ada beberapa pilihan santan yang bisa digunakan oleh kaum ibu, untuk mengolah masakan. Tidak seperti dahulu yang hanya santan peras saja, kini ada santan instan dalam bentuk cair dan kental, serta santan bubuk.

Santan berfungsi membuat kuah masakan menjadi kental dan gurih, sehingga keberadaannya cukup penting. Apalagi untuk masakan kaya rempah seperti tipikal hidangan di Asia, sari kelapa tersebut sering sekali digunakan sehari-hari.

Apa beda dari santan alami yang diperas sendiri, santan instan kental dan santan bubuk saat dipakai mengolah masakan? Berikut ini penjelasannya:

Santan peras

Santan ini dibuat dari perasan parutan kelapa yang diberi tambahan air. Hanya sarinya saja yang diambil, lalu sisa kelapanya dibuang. Kelemahan memakai bahan ini adalah ia mudah basi jika tidak segera dimasak. Daya tahannya hanya beberapa jam saja.

Santan instan kental

Santan ini teksturnya kental, karena berisi bahan tambahan berupa guar gum atau sirup jagung. Ini yang mengawetkan santan sehingga tidak mudah basi dalam packing tertutup rapat. Bahan ini dapat digunakan langsung untuk memasak makanan atau pun kue.

Santan bubuk

Santan bubuk berasal dari santan alami yang mengalami proses spray dryer atau penguapan dan pengeringan. Karena itu bentuknya menjadi bubuk, sehingga harus ditambahkan sedikit air jika hendak mengolahnya jadi masakan.

Yang terbaik tentu santan alami, namun ada kelemahannya yakni tidak tahan lama. Santan instan pun sebenarnya sama saja, dapat digunakan untuk memasak masakan yang lezat.

 

Komentar Anda