Scroll to Top

Bareng ”Bertiga”, Tohpati Bikin ”Riot” di Amerika

By Aditya / Published on Thursday, 19 Jan 2012

Gitaris papan atas Indonesia, Tohpati, bersama grup Bertiga, dikabarkan akan merilis album di Amerika Serikat. Rencananya, album yang berjudul ”Riot” itu akan diluncurkan di negeri Paman Sam pada Januari 2012 ini.

Sesuai namanya, Bertiga diawaki oleh tiga musisi. Selain Tohpati, dua nama lain pengisi grup Bertiga juga tak kalah mentereng. Tohpati mengajak Bowie, drummer grup Gugun Blues Shelter, serta Indro Hardjodikoro, pembetot bass kenamaan yang pernah bergabung dengan grup Halmahera dan banyak terlibat dalam proyek musikal sejumlah musisi papan atas Indonesia.

Album ”Riot” yang digarap oleh Bertiga punya keistimewaan khusus. Di album ini, Bertiga memainkan lagu-lagu jazz rock progresif dengan instrumen saja, tanpa memakai vokalis. Lagu andalan dalam album ini adalah lagu berjudul ”Rock Camp” yang terinspirasi dari karya-karya musisi terkenal di dunia.

”Rock Camp adalah rock campuran dari musisi seperti Led Zeppelin, Deep Purple, dan Rush. Menarik karena gak ada yang diedit dan diulang, recording secara live tidak over dumb,” jelas Indro Hardjodikoro di Jakarta, seperti dikutip dari Metrotvnews, Rabu (18/1).

Karya dari ketiga musisi handal ini memang patut untuk disimak mengingat masing-masing sudah punya prestasi tersendiri di jagat musik Indonesia. Lantas, bagaimana dengan Bertiga? Jangan salah, grup ini meraih penghargaan album terbaik no.1 versi majalah Tempo dan masuk dalam jajaran 20 grup terbaik versi majalah Rolling Stone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda