Scroll to Top

Ini Cara yang Salah Saat Menyeduh Kopi

By C Novita / Published on Wednesday, 16 May 2018

minum kopi

Kopi pada dasarnya memiliki cita rasa yang khas, tidak sekedar pahit saja namun ada pula yang terasa sedikit manis atau bahkan asam, tergantung pada jenisnya. Hal ini jarang diketahui, sebab kebiasaan orang Indonesia umumnya adalah langsung menambahkan gula dan menyeduh air mendidih pada bubuk kopi.

Menurut Iyan Muhazan, seorang barista dan pemilik kedai kopi di ibukota, rasa pahit muncul sebenarnya karena kesalahan saat menyeduh minuman tersebut.

“Kopi banyak sekali aneka ragamnya. Salah satunya ada asem, ada manisnya. Manisnya bisa rasa buah, asamnya juga bisa asam-asam buah,” kata Iyan seperti dilansir laman Republika.co.id.

“Orang Indonesia banyak yang nyeduh kopi pakai suhu yang panas, digodok lagi. Makanya pahit,” ungkapnya.

Akibat rasa pahit yang terasa dominan itu maka orang akan menambahkan gula dalam jumlah banyak ke dalam kopi seduhannya. Ini adalah kesalahan kedua sebab gula merupakan musuh dari kesehatan. Jika masuk dalam tubuh secara berlebihan maka gula hanya akan menaikkan kadar gula darah.

Menurut Iyan, dalam bidang perkopian sebenarnya tambahan gula bisa merusak cita rasa asli kopi. Gula akan menutupi kelezatan sejati kopi yang seharusnya bisa dinikmati secara perlahan-lahan. Lagi pula manfaat kesehatan kopi akan lebih maksimal jika kopi diminum murni tanpa campuran gula atau krim.

 

Komentar Anda