Scroll to Top

Jatuh Cinta, Para Remaja Sering Berbagi Password Jejaring Sosial

By Melissa / Published on Thursday, 19 Jan 2012

Di kalangan para remaja yang sedang jatuh cinta, membagi password bersama sang pacar rupanya cukup umum terjadi.

Dalam era digital sekarang ini, banyak remaja yang ingin berbagi rahasia, pendapat dan tentu saja akun jejaring sosialnya kepada sang pujaan hati.

Selain saling menyapa di wall Facebook dan bertukar pesan, mereka juga saling mengirim SMS dan chatting dengan video. Tidak sampai di situ saja, mereka juga saling berbagi password akun jejaring sosial.

Studi dari Pew Internet dan American Life Project menyatakan bahwa 30% dari remaja pengguna internet membagikan password-nya kepada teman atau pacar.

38% remaja perempuan lebih sering berbagi password dibandingkan dengan remaja laki-laki yang hanya sebanyak 23%. Sementara remaja dengan rentang usia 14 – 17 tahun lebih banyak berbagi password dibandingkan remaja berusia 12 – 13 tahun.

Tindakan berbagi password sendiri dianggap berbahaya karena jika disalahgunakan dapat merusak reputasi pemilik akun.

Lalu mengapa para remaja melakukan hal yang berisiko seperti ini? Studi menyatakan bahwa mereka ingin merasa lebih dekat lagi dengan sahabat atau pacarnya.

Namun apabila mereka bertengkar, emosi yang muncul dapat menimbulkan tindakan yang tidak baik. Salah satu tempat yang paling sering digunakan untuk melampiaskan emosi adalah jejaring sosial dan internet karena mudah diakses.

Jika remaja tersebut baru putus dengan pacarnya lalu dilanda emosi, ia bisa saja login ke akun jejaring sosial mantan pacar lalu memublikasikan semua rahasianya atau mengganggu teman-temannya dengan mengirim pesan spam.

Namun dari survei tersebut, Pew menemukan bahwa hanya 17% dari remaja yang membuka profilnya untuk publik. Jadi apabila akunnya disalahgunakan untuk membongkar rahasianya, setidaknya informasi pribadi tersebut hanya dapat dibaca oleh teman-teman dalam jaringannya saja.

(via ReadWriteWeb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda