Scroll to Top

Hasil Piala Dunia 2018: Rusia vs Arab Saudi 5-0, Pesta Tuan Rumah

By Wan Faizal / Published on Friday, 15 Jun 2018

RusAra2

Hasil Piala Dunia 2018 antara Rusia vs Arab Saudi berakhir dengan skor telak 5-0 dalam laga yang digelar di Luzhniki Stadium, Kamis (14/6). Skor Rusia vs Arab Saudi ini menjadi kejutan tersendiri dalam laga pembuka turnamen tahun ini dimana Arab Saudi yang diperkirakan bisa memberikan perlawanan malah harus mengakhiri laga perdananya dengan rasa malu dan penuh evaluasi.

Kedua tim harus diakui masih sama-sama bermain sabar di menit awal meski Arab Saudi sedikit lebih mendominasi laga. Namun sayangnya bagi Arab, ketidakmampuan mereka menghasilkan sesuatu di pertahanan Rusia harus dibayar mahal karena tuan rumah bisa memanfaatkan satu peluang nyata yang mereka dapat di menit 12. Berawal dari umpan silang Golovin, tandukan dari Yuri Gazinskiy sudah cukup untuk menjebol gawang Arab Saudi yang dikawal Al Muaiouf.

RusAra1

Setelahnya Rusia bisa berkuasa dan nyaris saja menggandakan keunggulan melalui Dzagoev. Sayangnya tak lama kemudian, kiprah Dzagoev di turnamen kali ini sudah berakhir setelah ia mengalami cedera hamstring dan posisinya langsung digantikan Cheryshev. Sementara di sisi lain, permainan Arab Saudi tetap tak berkembang dan mereka makin kesulitan mencari gol penyama.

Situasi bagi Arab Saudi menjadi lebih buruk karena jelang paruh pertama usai, gawang Al Muaiouf kembali bobol. Serangan cepat dari tuan rumah berbuah manis ketika kerjasama Golovin dan Zobnin dan diikuti dengan kejelian Denis Cheryshev dalam mengelabui dua bek Arab Saudi diselesaikan olehnya menjadi gol. Suka cita pun terpancar dari para suporter tuan rumah karena gol kedua ini membuat mereka yakin bisa mengakhiri laga dengan kemenangan.

RusAra5

Babak kedua dimulai dan seperti tidak ada tanda-tanda bahwa permainan Arab Saudi bisa membaik. Mereka masih saja tertekan dengan permainan Rusia yang memang tersusun rapi dan sempat ada peluang bagus dari tuan rumah di menit 52 meski akhirnya tendangan Samedov masih melambung. Dua menit kemudian, peluang bagus didapat Arab Saudi saat umpan silang Al Burayk gagal disambar oleh Al Sahlawi dan Al Jassim di depan gawang Akinfeev.

Tak lama berselang, peluang sempat didapat lagi oleh Arab Saudi yang mana berawal dari pelanggaran pemain Rusia. Sayangnya eksekusi yang dikirim oleh Al Jassim gagal disambar oleh Al Faraj dengan sempurna dan peluang tersebut sirna. Sementara di sisi lain, Rusia sendiri mencoba untuk bermain tenang dan mencegah Arab Saudi mencetak peluang berikutnya.

RusAra3

Sebuah pergantian jitu lantas dilakukan Cherchesov ketika ia menarik keluar Smolov dan memainkan Artem Dzyuba. Baru beberapa saat ada di lapangan, sang striker sudah bisa memberikan tuahnya dengan mengemas gol ketiga Rusia. Dan lagi-lagi, Golovin menjadi aktornya dimana umpan silangnya menjadi santapan empuk kepala Dzyuba dan membuat skor berubah menjadi 3-0.

Unggul tiga gol membuat Rusia bisa bermain semakin tenang dan sebaliknya Arab Saudi yang semakin kehilangan kendali. Pesta Rusia lantas ditutup oleh gol indah dari Denis Cheryshev di menit 91 dimana eks pemain Real Madrid tersebut melepaskan tendangan dengan luar kaki kirinya dan bola melesat ke sudut gawang tanpa bisa dicegah oleh Al Muaiouf. Tak cukup sampai disitu karena kemudian masih ada gol dari Aleksandr Golovin via tendangan bebas yang menutup laga dengan skor 5-0.

RusAra4

Data Pertandingan:

Rusia 5-0 Arab Saudi (Gazinskiy 12’, Cheryshev 43’, 91’, Dzyuba 71’, Golovin 94’)

Rusia Arab Saudi
No. Starting Eleven YC
RC
No. Starting Eleven YC RC
1. Igor Akinfeev 1. Abdullah Al Muaiouf
2. Mario Fernandes 6. Mohammed Al Burayk
3. Ilya Kutepov 3. Osama Hawsawi
4. Sergei Ignasevich 5. Omar Hawsawi
18. Yuri Zhirkov 13. Yasir Al Shahrani
11. Roman Zobnin 14. Abdullah Otayf (64′)
17. Aleksandr Golovin 88′ 17. Taisir Al-Jassim 93′
8. Yuri Gazinskiy 7. Salman Al-Faraj
9. Alan Dzagoev (24′) 18. Salem Al-Dawsari
19. Aleksandr Samedov (64′) 8. Yahya Al Shehri (72′)
10. Fedor Smolov (70′) 10. Mohammed Al-Sahlawi (85′)
Substitutes Substitutes
12. Andrei Lunev 21. Yasser Al Mosailem
20. Vladimir Gabulov 22. Mohammed Al Owais
5. Andrey Semenov 2. Mansour Al Harbi
6. Denis Cheryshev (24′) 4. Ali Al Bulayhi
7. Daler Kuziaev (64′) 9. Hatan Bahbir (72′)
13. Fedor Kudriashov 11. Abdulmalek Al Khaibri
14. Vladimir Granat 12. Mohamed Kanno
15. Alexey Miranchuk 15. Abdullah Al Khaibari
16. Anton Miranchuk 16. Hussain Al Moqahwi
21. Aleksandr Erokhin 19. Fahad Al Muwallad (64′)
22. Artem Dzyuba (70′) 20. Muhannad Asiri (85′)
23. Igor Smolnikov 23. Motaz Hawsawi
Coach Coach
Stanislav Cherchesov Juan Antonio Pizzi
Referee Venue
Nestor Pitana Luzhniki Stadium

Komentar Anda