Scroll to Top

Hasil Piala Dunia Grup H: Polandia vs Senegal 1-2, Wakil Afrika Akhrnya Menang

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 20 Jun 2018

PolSen4

Hasil Piala Dunia 2018 dalam pertandingan antara Polandia vs Senegal berkesudahan dengan skor 1-2 di Spartak Stadium, Selasa (19/6). Skor Polandia vs Senegal ini pada akhirnya memberikan senyum bagi Afrika karena akhirnya ada wakil mereka yang bisa meraih kemenangan setelah sebelumnya Mesir, Maroko, Nigeria, dan Tunisia sama-sama menelan kekalahan di laga perdananya.

Kedua tim yang turun terakhir di putaran pertama babak grup ini sama-sama bermain lamban pada awalnya. Polandia memang lebih menguasai jalannya pertandingan, namun mereka lebih sering menggulirkan bola di daerah pertahanan mereka sendiri. Serangan yang coba dibangun opun kerap menemui kegagalan karena kualitas serangan mereka yang memang tidak terlalu bagus.

PolSen3

Peluang perdana bagi Senegal sendiri lahir di menit 18 ketika umpan terobosan brilian dari Sabaly gagal dimanfaatkan oleh Niang dimana tendangannya masih melebar dari gawang Szczesny. Kemudian giliran Polandia yang mendapatkan kans saat sundulan dari Grosicki masih melambung dan kemudian ada juga sepakan dari Lewandowski yang juga melebar dari gawang Senegal yang dikawal oleh N’Diaye.

Gol pada akhirnya tercipta di menit 37 ketika keberhasilan Niang menang duel dengan Piszczek sukses membuka pertahanan Polandia. Kerjasama lantas ia lakukan dengan Mane yang lantas menyodorkan bola pada Gueye. Usaha tembakan dari luar kotak penalti yang dilakukan Gueye sebenarnya mengarah melebar dari gawang namun dalam prosesnya bola malah masuk ke gawang karena membentur Thiago Cionek dan membuat Szczesny tak bisa berbuat banyak dalam situasi ini.

PolSen5

Polandia butuh reaksi yang bagus di babak kedua dan mereka bisa menunjukkannya. Perubahan strategi juga dilakukan sang pelatih dimana kali ini ia memasukkan Bednarek dan memainkan skema tiga bek. Tak lama berselang, ada sebuah peluang bagus bagi Polandia dimana tendangan bebas Lewandowski yang terlihat sudah mengarah ke sudut gawang masih bisa ditepis oleh N’Diaye. Berikutnya ada percobaan dari tendangan voli Piszczek namun arah bola masih melebar.

Kejadian menarik terjadi tak lama kemudian ketika Senegal bisa menggandakan skor lewat M’Baye Niang. Polandia yang sedang ‘tinggi’ dikejutkan dengan sebuah buangan bola dari bek Senegal yang kemudian coba diteruskan Krychowiak dengan backpass pada Szczesny. Disana ternyata ada Niang yang berlari dari pinggir lapangan karena ia baru saja mendapatkan perawatan dari tim medis dan dengan mudah ia mencuri bola dan melewati Szczesny serta memasukkan bola ke gawang yang kosong.

PolSen2

Gol kedua dari Senegal tersebut jelas membuat Polandia harus sesegera mungkin bermain lebih ofensif karena waktu bagi mereka juga sudah tidak banyak. Sempat ada peluang bagus dari sontekan Milik menyambut umpan Piszczek namun sayangnya bola masih tipis melebar dari gawang N’Diaye. Usaha memasukkan Kownacki kemudian dilakukan Nawalka dan pemain muda tersebut juga memiliki satu kans lewat tandukan kepala namun juga tidak menghasilkan sesuatu.

Perjuangan Polandia akhirnya terbayar di menit 86 ketika tendangan bebas Grosicki bisa disambut oleh tandukan Grzegorz Krychowiak menjadi gol. Situasi tersebut membuat permainan kian sengit di sisa waktu yang ada dan pertahanan Senegal harus bekerja ekstra keras untuk bisa menghentikan agresivitas permainan Polandia. Beruntung bagi Senegal karena mereka pada akhirnya tetap bisa mempertahankan skor dan sukses meraih kemenangan di laga ini.

PolSen1

Data Pertandingan:

Polandia 1-2 Senegal (Krychowiak 86’ / Cionek 37’-og, Niang 60’)

Polandia Senegal
No. Starting Eleven YC
RC
No. Starting Eleven YC RC
1. Wojciech Szczesny 16. Khadim N’Diaye
20. Lukasz Piszczek (83′) 22. Moussa Wague
4. Thiago Cionek 6. Salif Sane 49′
2. Michal Pazdan 3. Kalidou Koulibaly
13. Maciej Rybus 12. Youssouf Sabaly
10. Grzegorz Krychowiak 12′ 13. Alfred N’Diaye (87′)
19. Piotr Zielinski 5. Idrissa Gueye 72′
16. Jakub Blaszczykowski (46′) 18. Ismaila Sarr
11. Kamil Grosicki 10. Sadio Mane
7. Arkadiusz Milik (73′) 19. M’Baye Niang (76′)
9. Robert Lewandowski 9. Mame Diouf (62′)
Substitutes Substitutes
12. Bartosz Bialkowski 1. Abdoulaye Diallo
22. Lukasz Fabianski 23. Alfred Gomis
3 Artur Jedrzejczyk 2. Adama Mbengue
5. Jan Bednarek (46′) 4. Kara Mbodji
6. Jacek Goralski 7. Moussa Sow
8. Karol Linetty 8. Cheikhou Kouyate (87′)
14. Lukasz Teodorczyk 11. Cheikh Ndoye (62′)
15. Kamil Glik 14. Moussa Konate (76′)
17. Slawomir Peszko 15. Diafra Sakho
18. Bartosz Bereszynski (83′) 17. Pape Ndiaye
21. Rafal Kurzawa 20. Balde Keita
23. Dawid Kownacki (73′) 21. Lamine Gassama
Coach Coach
Adam Nawalka Aliou Cisse
Referee Venue
Nawaf Shukralla Spartak Stadium

Komentar Anda