Scroll to Top

Djohar Arifin: Paling Lambat Indonesia Tampil di Piala Dunia 2026

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 20 Jan 2012

Harapan rakyat Indonesia untuk melihat timnasnya berkiprah di Piala Dunia begitu tinggi. Bahkan, dalam Pra Piala Dunia 2014, menghadapi lawan-lawan yang kelasnya satu hingga dua level di atas kita, masyarakat seolah tidak peduli dengan kenyataan. Yang penting, Garuda menang. Atas dasar inilah Wim Rijsbergen yang menukangi timnas dalam lima laga Grup E Fase Ketiga Pra Piala Dunia 2014, mendapatkan cemoohan atau kata-kata miring.

Piala Dunia 2022

Meskipun saat ini timnas Garuda belum dapat meraih tiket ke Piala Dunia, bukan berarti harapan itu redup. Setidaknya, demikianlah yang digambarkan oleh Djohar Arifin, ketua umum PSSI. Ketika diwawancarai wartawan Jumat, 20 Januari 2012, Djohar bahkan berani menjamin rencana jangka panjang PSSI ke ajang terbesar di planet bumi ini.

Djohar mematok tahun 2022 menjadi titik awal berkiprahnya timnas Indonesia di Piala Dunia. Kalau tidak, target paling lambat adalah tahun 2026.

“Paling lambat (Piala Dunia) 2026,” kata sang ketua umum PSSI seperti dikutip TEMPO.

Ia meyakini target 10 tahun sejak 2012, adalah waktu yang cukup untuk membentuk tim nasional yang tangguh dan layak tampil di Piala Dunia.

Ucapan Djohar Arifin bukannya tanpa pembuktian. Saat ini, tengah ada kejuaraan nasional untuk anak-anak U-15 di seluruh pengurus cabang PSSI. Kompetisi ini sifatnya berjenjang. Pemenang tingkat kabupaten akan maju ke tingkat provinsi, dan kemudian bertarung di putaran final yang akan diselenggarakan di Jakarta.

Selain itu, PSSI akan membentuk enam timnas usia, yaitu U-16, U-19, U-20, U-21, U-23, dan timnas senior. Tidak hanya sepakbola saja yang diutamakan. PSSI juga bersiap untuk mengurus timnas futsal, timnas sepakbola wanita, dan sepakbola pantai.

Komitmen PSSI terhadap pembinaan usia muda juga bisa dilihat dari skuad timnas untuk menghadapi Bahrain Februari mendatang. PSSI siap memakai pemain timnas U-23 yang berkiprah di IPL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda