Scroll to Top

Berkat K-Pop, Jumlah Orang yang Belajar Bahasa Korea Meningkat Drastis

By Ika / Published on Thursday, 12 Jul 2018

k-pop

K-Pop rupanya punya pengaruh besar terhadap popularitas negara Korea Selatan di mata dunia. Bahkan gara-gara K-Pop, makin banyak orang yang tertarik untuk belajar bahasa Korea dan budaya negeri ginseng tersebut.

BBC memberitakan bahwa idol K-Pop punya pengaruh besar terhadap minat belajar bahasa Korea di berbagai negara. Berdasarkan laporan Modern Language Association, pendaftaran kursus bahasa Korea di kampus-kampus Amerika meningkat 14% dari tahun 2013 sampai 2016, padahal bahasa lainnya justru mengalami penurunan.

Bila 20 tahun lalu hanya ada 163 orang, sekarang sudah ada sekitar 14.000 siswa di Amerika yang belajar bahasa Korea. Sedangkan 200.000 orang lainnya tercatat sedang mempelajari bahasa yang sama di situs bahasa populer Duolingo. Bahkan saking banyaknya peminat, pemerintah Korea Selatan kabarnya sampai harus mendirikan 150 institut bahasa di 50 negara.

Di Universitas Toronto, Professor Andre Schmid yang meneliti sejarah Korea juga mengakui bahwa saat ini makin banyak orang yang tertarik mengenal Korea lebih jauh, dan jumlahnya sangat signifikan dibandingkan 15 tahun lalu.

“Di antara murid-muridku, ada wanita muda yang tumbuh di rumah pertanian terpencil di Grey County Ontario, tapi dia masuk ke Universitas Toronto karena dia ingin belajar semua tentang Korea,” ujarnya.

Tak hanya itu, K-pop rupanya juga bisa jadi jembatan komunikasi antar orang-orang asing. Hal ini diakui oleh para petugas PBB saat harus menangani pengungsi muda dari Timur Tengah. Dengan mengangkat topik K-pop, para petugas mengaaku bisa mengobrol lebih mudah dengan mereka.

Komentar Anda