Scroll to Top

Alasan Tersembunyi Mengapa Bioskop Terletak di Lantai Atas Mal

By C Novita / Published on Thursday, 12 Jul 2018

bioskop hollywood xxi

Pernahkah Anda perhatikan bahwa bioskop yang ada di berbagai mal pasti terletak di lantai paling atas gedung. Tidak saja di Indonesia, ternyata di berbagai negara lain pun pengaturan atau desain mal rata-rata seperti itu.

Apa alasan khusus mengapa bioskop selalu ada di lantai teratas sebuah mal? Dari sisi strategi bisnis, terungkap bahwa meletakkan bioskop di lantai atas mal adalah salah satu trik pemasaran pemilik mal.

Saat seseorang atau sekelompok orang pergi ke mal untuk menonton film yang mereka sukai, maka tentu harus berjalan dahulu menuju lokasi bioskop bukan?

Jika bioskop ada di lantai dasar, maka pengunjung hanya akan langsung datang ke bioskop tanpa harus melewati beberapa lantai yang jadi bagian mal.

Sementara jika bioskop ada di lantai atas, maka pengunjung yang ingin nonton film harus berjalan dulu melewati lantai di bawahnya dan melihat lapak-lapak lain di mal tersebut.

Jadi pengunjung bioskop ada kemungkinan untuk tertarik melihat-lihat toko atau lapak lain, bahkan membeli barang yang menarik hati mereka di toko tersebut.

Bukan rahasia lagi bahwa saat ini banyak pengunjung yang datang ke mal hanya untuk menonton film terbaru, dan tidak punya niat membeli barang atau belanja.

Jika bioskop diletakkan di lantai bawah, maka pedagang di lantai lain dikhawatirkan sepi pengunjung dan merugi.

Strategi yang sama juga berlaku untuk posisi food court di berbagai pusat belanja, umumnya ada di lantai paling atas. Dengan begitu pengunjung harus melintasi lantai lain di bagian bawah mal atau pusat belanja untuk mencapai food court.

Tak hanya itu, masalah ukuran tempat yang luas juga jadi alasan mengapa bioskop diletakkan di lantai atas mal.

 

 

Komentar Anda