Scroll to Top

Hasil Asian Games 2018: Timnas Indonesia vs Hong Kong 3-1, Juara Grup A

By vratislav / Published on Monday, 20 Aug 2018

Hasil Asian Games 2018 Timnas Indonesia vs Hong Kong 3-1, Berkat Lilipaly

Hasil Asian Games 2018 antara Timnas Indonesia U23 vs Hong Kong berakhir dengan skor 3-1. Sempat tertinggal lebih dahulu oleh gol Lau Hok Ming, Garuda Muda membalas melalui aksi Irfan Jaya, Stefano Lilipaly, dan Hanif Sjahbandi. Timnas U23 sendiri, yang pada Senin, 20 Agustus 2018 ini bertanding di Gelora Bung Karno, Jakarta, sudah pasti lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup A.

Skor Timnas U23 vs Hong Kong sebenarnya sudah tidak “dibutuhkan lagi” jika hanay berbicara soal lolos atau tidaknya pasukan Luis Milla ke babak berikutnya. Dengan perolehan dua kemenangan dan satu kalah sebelum berjumpa Hong Kong, Garuda Muda minimal akan lolos sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik. Meskipun demikian, Timnas Indonesia U23 wajib untuk memaksimalkan poin demi menghindari pertemuan lawan tim elite Asia pada 16 besar.

Dalam pertandingan melawan Hong Kong, Luis Milla menggunakan formasi 4-2-3-1. Meskipun menguasai pertandingan pada babak pertama, Garuda Muda seperti kurang energi dalam mendobrak pertahanan lawan. Permainan mereka cenderung monoton.

Justru Hong Kong yang mencetak gol lebih dulu pada menit 38. Wu Chun Ming mengirimkan umpan matang, yang diseruduk oleh tandukan Lau Hok Ming dengan jarak dekat ke gawang Indonesia yang dikawal oleh Andritany Ardhyasa. Gol itu tidak bisa dibalas sampai turun minum.

Sempat ada insiden saat Hansamu Yama Pranata mengganggu Lilley Nunez, pemain naturalisasi Hong Kong. Permainan Indonesia tidak tenang dan disiplin mereka memburuk, karena Putu Gede Juni Antara, Stefano Lilipaly, dan Febri Hariyadi terkena kartu kuning menyusul Hansamu.

Meskipun tertinggal, Garuda Muda mendapatkan kesegaran kembali karena gol balasan cepat yang tercipta di awal babak kedua. Umpan terobosan Stefano Lilipaly menjadi santapan yang empuk untuk Irfan Jaya menyamakan kedudukan. Saat itu menit baru memasuki angka 47.

Mental Hong Kong berubah setelah gol itu. Rezaldi Hehanusa memiliki peluang melalui tendangan bebas pada menit 64. Gol yang ditunggu-tunggu datang empat menit jelang bubaran. Stefano Lilipaly mendapatkan umpan dari Rezaldi dan mencetak gol ketiganya di Asian Games 2018.

Sudah berbalik unggul, Indonesia menambah satu gol lagi melalui Hanif Sjahbandi. Keunggulan 3-1 membuat Garuda Muda mendapatkan sembilan poin di Grup A Asian Games 2018, dan menjadi juara grup.

Gol: Irfan Jaya 46, Stefano Lilipaly 85, Hanif Sjahbandi 90/ Lau Hok Ming 38

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; I Putu Gede, Hansamu Yama, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanusa; Zulfiandi, Evan Dimas; Febri Hariyadi, Stefano Lilipaly, Irfan Jaya; Beto Goncalves.

Hong Kong (3-5-2): Ho Chun Yuen; Wang Kit Tsui, Hok Ming Lau, Vasudeva Nunez; Ka Wai Lam, Chun Ming Wu, Chun Lok Tan, Hin Ting lam, Hiu Chung Law; Wai Keung Chung, Matthewelliot Wing Kai.

Komentar Anda