Scroll to Top

Lubang Misterius Muncul di Persawahan Sukabumi, Sinkhole?

By C Novita / Published on Saturday, 08 Sep 2018

8d447252-2731-43f6-b33a-3ab44db94096_169

Sebuah lubang besar misterius tiba-tiba muncul di area persawahan di Kampung Legoknyenang Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat. Lubang tersebut mirip dengan fenomena sinkhole yang kerap jadi perhatian para penyuka fenomena alam misterius di luar negeri.

Lubang tersebut terbentuk karena amblasnya tanah di bagian lapisan bawah sawah, dengan diameter sekira 6 meter. Hingga kini kedalaman lubang misterius tersebut masih belum diketahui karena tak ada warga yang berani turun ke dalam lubang.

Menurut Cece Sudirman (49) pemilik sawah, lubang itu terbentuk pada Kamis (6/9/2018) siang. Diduga bagian bawah lubang terdapat gua atau saluran air karena ada dua lubang kecil yang terlihat dari atas.

“Ada gua saluran air di bawah lubang, tepatnya di area persawahan ini memang banyak terdapat coblong. Jumlahnya banyak dan bahkan ada yang saling melintang” jelas salah satu warga dilansir laman detik.com.

Pada penjelasan yang diberikan oleh Camat Kadudampit Zaenal Abidin, lubang misterius atau sinkhole itu terjadi kemungkinan besar karena adanya gua di bawah tanah yang amblas.

“Itu akibat adanya gua atau terowongan air yang berada di bawah area sawah warga, fungsinya mengalirkan air dari pegunungan menuju selokan Cigalunggung,” ungkap Zaenal Abidin.

Fenomena sink hole kerap menarik perhatian penyuka hal misterius, karena dapat tiba-tiba muncul di berbagai lokasi tanpa diduga.

 

 

Komentar Anda