Scroll to Top

Sering Makan Pempek Bisa Bikin Gigi Berlubang, Ini Sebabnya

By C Novita / Published on Wednesday, 19 Sep 2018

malas gosok gigi

Pempek merupakan makanan khas Palembang yang rasanya lezat dan digemari. Namun jika Anda juga termasuk orang yang gemar dan sering makan pempek, berhati-hatilah sebab gigi akan lebih rentan berlubang atau keropos.

Mengapa demikian? Alasannya adalah seperti berikut:

Gigi memiliki masalah yang umum dan bisa terjadi pada siapa saja, yaitu munculnya karies dan lubang. Hal itu disebabkan oleh kebiasaan enggan membersihkan gigi usai makan, sehingga sisa makanan menempel di sela gigi. Akibatnya sisa makanan menjadi karies yang memicu lubang di gigi.

Karies gigi juga dipicu oleh makanan yang bersifat asam, dan mengandung asam. Nah, ini terdapat pada cuko pempek yang menggunakan asam atau cuka. Asam makanan membuat PH mulut menurun, dan hal itu rentan memicu pengikisan lapisan email gigi.

Karena kebiasaan makan pempek yang tak mungkin bisa dihindari karena kelezatannya, maka yang dapat dilakukan adalah mencegah agar gigi tidak tumbuh karies serta berlubang.

Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) pun memberikan tips agar gigi tetap sehat walau sering makan pempek dan makanan asam lainnya.

“Jika PH pada gigi Anda menurun, maka gejala awal yang ditimbulkan adalah karies yang akan menyebabkan gigi berlubang jika tidak ditangani dengan cepat,” kata Drg Ratu Mirah Afifah GCClindent MDSc.

Normalnya PH mulut adalah tujuh, namun makanan asam akan menyebabkan angka itu turun. Solusinya, segera berkumur usai makan pempek dan cukonya, untuk membersihkan sisa asam dari mulut dan gigi.

Setelah itu, menyikat gigi adalah hal yang ideal agar sisa kotoran dan asam cuko pempek hilang dari gigi dan mulut. Dengan begitu karies gigi tidak lagi muncul dan membuat gigi Anda berlubang.

 

Komentar Anda