Scroll to Top

Inilah Alasan Arsene Wenger Mengganti Alex Chamberlain

By Wan Faizal / Published on Monday, 23 Jan 2012

Pertandingan melawan Manchester United semalam merupakan pertandingan pertama Alex Oxlade-Chamberlain sejak menit awal bagi Arsenal di Premier League. Hasilnya?

Meski secara tim Arsenal harus mengakui keunggulan The Red Devils, namun secara individu penampilan Chamberlain sangat memuaskan. Ia adalah kreator gol yang dicetak oleh Robin van Persie.

Namun cerita manis Chamberlain harus berakhir di menit 74 saat Arsene Wenger memutuskan untuk mengganti pemain berusia 18 tahun itu dan memasukkan Andrey Arshavin.

Yang mengejutkan, Van Persie menunjukkan reaksi yang bertentangan dengan keputusan Wenger tersebut. Kamera televise berhasil merekam ekspresi wajah dan mimik Van Persie yang berkata “No” saat Wenger mengganti Chamberlain.

Dan benar saja, sejak Chamberlain keluar, serangan Arsenal tak tajam lagi. Bahkan yang lebih parah, Arshavin justru adalah pemain yang berandil besar dalam terciptanya gol penentu kemenangan United yang dicetak Danny Welbeck.

Tak heran, fans pun kembali menunjukkan rasa kecewanya pada Arshavin. Dan tentu saja pada Wenger juga yang berperan besar dalam pergantian pemain tersebut.

“Saya bisa mengerti dengan kekecewaan yang dirasakan fans, terutama karena pergantian itu tak membuahkan hasil. Namun Alex sudah mulai kelelahan,” kata Wenger.

“Alex masih berusia 18 tahun dan ini adalah pertandingan pertamanya di liga sejak menit awal. Mari serius sedikit. Alex baru saja sembuh dari sakit yang dideritanya minggu ini dan Andrey adalah kapten Timnas Rusia.”

“Saya sudah menjadi manajer lebih dari 30 tahun dan sudah membuat 50.000 lebih pergantian pemain. Saya tidak bisa membenarkan semua keputusan saya.”

“Kami adalah sebuah tim. Menang bersama dan kalah bersama. Jika saya membuat kesalahan, maka saya minta maaf,” tuntas Wenger.

Hal ini tentunya semakin menegaskan masa depan Arshavin di Arsenal. Tersiar kabar bahwa Arshavin akan kembali ke Rusia di akhir musim ini.

Well, yang pasti Wenger harus segera membenahi mental para pemainnya yang mungkin sedang anjlok lantaran mengalami tiga kekalahan beruntun di liga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda