Scroll to Top

Anak Anak Jepang Tersehat di Dunia, Ternyata Karena Ini

By C Novita / Published on Thursday, 11 Oct 2018

anak jepang

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Lancet menyebutkan bahwa anak-anak di negara Jepang adalah anak dengan kondisi kesehatan terbaik di dunia. Tak heran, sebab Jepang sendiri kerap jadi rujukan masalah teknologi kesehatan atau gaya hidup sehat.

Apa rahasianya? Dilansir laman Japan Insides, ternyata kesehatan mereka prima adalah karena makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Mereka makan rumput laut, tahu, ikan dan nasi dari beras yang sehat.

Keluarga di Jepang lebih menyukai hidangan rumahan sehingga mereka selalu membawa bekal bernama bento. Bento adalah makanan yang lengkap isinya mulai dari nasi, lauk pauk sehat serta sayur semua ada.

Kaum ibu akan memasak bento dengan sepenuh hati dan memperhatikan kandungan nutrisinya. Bento umum dibawa oleh anak sekolah, serta karyawan ke kantor atau tempat mereka bekerja.

Anak Jepang juga sering diberi beras merah yang kandungan nutrisinya sangat tinggi. Beras ini dapat mencegah sakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat karena kaya serat.

Cara masak orang Jepang juga kebanyakan direbus atau dikukus untuk sayuran. Teknik khusus memasak sayuran ini dapat menjaga nutrisi agar tetap baik dan tidak hilang atau rusak saat dimakan.

Kebiasaan makan di Jepang yang disiplin di meja makan juga membuat anak-anak makan dengan fokus. Mereka akan menikmati saat makan ini dengan tenang dan itu membuat mereka puas dan kenyang serta mensyukuri makanannya.

“Bangun kebiasaan fokus dan rileks saat makan. Hal ini membuat anak makan dengan nyaman. Tunjukkan pada anak kalau makan adalah hal menyenangkan dan rasa makanan yang disajikan begitu lezat,” Kata Tomomi Takahashi pekerja Kaji Sakura Nursery School di Hokkaido.

Anak-anak di sekolah juga terlatih makan bersama dalam ruang khusus. Mereka duduk tenang sehingga secara fisik serta psikis lebih sehat.

 

 

Komentar Anda