Scroll to Top

Francesco Totti: Lewati Para Legenda

By Wan Faizal / Published on Monday, 23 Jan 2012

Pertandingan di Stadion Olimpico Roma baru berjalan sekitar 30 detik ketika umpan panjang Gabriel Heinze diterima dengan baik oleh Erik Lamela. Lantas, Lamela memberikan umpan backheel pada Francesco Totti yang langsung menyambar bola untuk membawa AS Roma unggul 1-0 atas Cesena.

Gol itu menjadikan Totti menyamai rekor Gunnar Nordahl yang mampu mencetak gol terbanyak hanya dengan satu seragam. Nordahl mencetak 210 gol kala berkostum AC Milan.

Namun, rekor Nordahl tak bertahan lama. Tujuh menit berselang, lag-lagi umpan Lamela mampu diteruskan Totti lewat tendangan first time untuk membawa Roma unggul 2-0 sekaligus melewati catatan Nordahl. Meski harus diakui gol tersebut sedikit berbau off-side.

Terlepas dari patut dipertanyakannya gol itu, Totti telah mengukir namanya dalam sejarah sepakbola Italia. Yakni sebagai pemain yang mampu mencetak gol paling banyak hanya dengan satu klub dengan jumlah 211 gol.

Pemain berjuluk Il Capitano itu sendiri mengaku cukup bangga dengan prestasi yang diraihnya. Namun, apakah Totti sudah puas? Ternyata tidak. Kali ini Totti berambisi untuk melewati rekor lainnya.

“Kami tidak berharap bisa memenangkan sesuatu musim ini. Kami hanya berharap bisa memberikan yang terbaik bagi semuanya,” ujarnya.

“Saya sangat termotivasi dengan para pemain muda di tim ini. Mereka membuat saya merasa menjadi kapten yang tepat untuk mereka. Kini saya bersiap untuk melewati rekor Jose Altafini dan juga Nordahl.”

Ya, Totti memang berpeluang untuk kembali melewati pencapaian jumlah gol pemain lain dalam kategori pencetak gol terbanyak sepanjang masa jika ia bisa mencetak enam gol lagi.

Saat ini, jumlah 211 gol milik Totti masih kalah dari Silvio Piola (274 gol), Gunnar Nordahl (225 gol), Giuseppe Meazza (216 gol), dan Jose Altafini (216 gol). Andai mampu bermain konsisten seperti saat ini, tentu dalam waktu dekat Totti berpeluang melewati pencapaian gol Nordahl, Meazza, dan Altafini.

Atas pencapaiannya saat ini, Totti mengaku harus mengucapkan banyak terima kasih pada Romanisti yang selalu mendukung kiprahnya dan memberikan kritik kala ia bermain buruk.

Hal itu dibuktikan Totti ketika ia diwawancarai oleh salah seorang reporter setelah pertandingan melawan Cesena kemarin.

“Apakah Anda pernah berpikir tentang berapa banyak bola emas yang bisa Anda menangkan jika Anda memutuskan pergi dari Roma?”, tanya salah satu reporter.

Lalu, apa jawaban Totti? “Bola emas-ku adalah kasih sayang dari semua Romanisti,” balas Totti.

Berikut adalah lima pemain tersubur yang hanya bermain bagi satu klub:

  1. Francesco Totti (AS Roma): 211 gol
  2. Gunnar Nordahl (AC Milan): 210 gol
  3. Giuseppe Meazza (Inter Milan): 197 gol
  4. Alessandro Del Piero (Juventus): 185 gol
  5. Giampiero Boniperti (Juventus): 178 gol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda