Scroll to Top

Review Putaran Pertama La Liga: Real Madrid Mendapatkan 9 Penalti, Barcelona 3

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 24 Jan 2012

19 pertandingan atau putaran pertama Liga Spanyol sudah berlalu. Dari jumlah laga tersebut, menarik untuk melihat berapa tendangan penalti yang diberikan kepada Real Madrid dan Barcelona.

Cristiano Ronaldo

Real Madrid yang unggul 5 poin dari Barcelona, mendapatkan 9 tendangan penalti dalam 19 laga.

9 tendangan dari titik putih ini terjadi dalam enam pertandingan, yaitu laga menghadapi Getafe (4-2), Rayo Vallecano (6-2), Osasuna (7-1), Atletico Madrid (4-1), Sevilla (6-2), dan Athletic Bilbao (4-1). Khusus dalam laga menghadapi Rayo Vallecano, Atletico, dan Bilbao, Madrid mendapatkan 2 penalti dalam satu pertandingan.

9 tendangan penalti tersebut semuanya dieksekusi Cristiano Ronaldo. Dan, sesuai rekor Ronaldo yang lebih dari dua tahun tak pernah gagal penalti, semuanya sukses berbuah gol.

8 dari 9 tendangan penalti Real Madrid, terjadi dalam laga kandang. Tiga di antaranya berperanan besar dalam mengubah hasil pertandingan.

Pertama, saat melawan Getafe. Penalti Ronaldo di menit 60 terjadi ketika skor imbang 1-1. Sebelumnya, Real Madrid sempat unggul 1-0 dahulu sebelum Miku menyamakan kedudukan di menit 39.

Kedua, saat menghadapi Atletico Madrid. Penalti Ronaldo terjadi di menit 24 mengubah skor menjadi 1-1. Sebelumnya, Real Madrid tertinggal 0-1 terlebih dahulu lewat gol Adrian.

Ketiga, saat berjumpa dengan Athletic Bilbao dalam pertandingan akhir pekan kemarin. Penalti Ronaldo di menit 47 mengubah skor menjadi 2-1. Lagi-lagi, di babak pertama, Real Madrid tertinggal 0-1 terlebih dahulu.

Sebaliknya, Barcelona cuma mendapatkan 3 tendangan penalti dalam 19 pertandingan. Yaitu, saat melawan Sevilla (0-0), Real Mallorca (5-0), dan Real Betis (4-2).

Ketiga pertandingan tersebut digelar di kandang sendiri. Sama seperti Real Madrid, algojo ketiga penalti itu adalah sang bomber andalan, Lionel Messi.

Berbeda dengan Real Madrid, Barcelona cuma bisa membukukan 67% hadiah penalti.

Lionel Messi gagal mengeksekusi penalti saat menghadapi Sevilla. Seandainya Javi Varas, kiper Sevilla gagal menyelamatkan bola, 3 poin pasti diraih Barcelona karena penalti tersebut terjadi di menit-menit akhir.

Lionel Messi memperbaiki nasib dalam laga melawan Real Mallorca. Penaltinya di menit 13 membuka kran gol El Barca. Dalam laga tersebut, 4 gol tambahan dibukukan para pemain Barcelona.

Lionel Messi 2

Messi kembali mencetak penalti dalam laga melawan Real Betis. Kali ini, penalti berperan penting untuk menyelesaikan laga.

Barcelona sempat unggul 2-0, namun Betis secara mengejutkan berhasil menyamakan kedudukan. Alexis Sanchez membuat skor menjadi 3-2 di menit 75. Lalu, sepakan penalti Messi lima menit kemudian memaksa Betis menyerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda